54 Siswa MAN 1 Kendari Lolos Universitas Ternama

  • Bagikan
Siswa-siswi MAN 1 Kendari. (Dok. MAN 1 Kendari)
Siswa-siswi MAN 1 Kendari. (Dok. MAN 1 Kendari)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Harapan siswa MAN 1 Kendari untuk melanjutkan pendidikan di universitas ternama di Indonesia akhirnya tercapai. Hasil pengumuman Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 beberapa waktu lalu, membawa kabar gembira, tercatat 54 siswa MAN 1 Kendari dinyatakan lulus dan diterima sebagai calon mahasiswa baru (Camaba) pada perguruan tinggi bergengsi.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo, mengatakan bahwa 54 siswa dimaksud tersebar di beberapa universitas, yakni 3 siswa lulus di Universitas Indonesia (UI) Jakarta, 13 siswa lulus di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, 2 siswa lulus di Universitas Negeri Makassar (UNM), 1 siswa lulus di Universitas Negeri Manado, 3 siswa lulus di Universitas Alauddin Makassar, dan 1 siswa lulus di Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dan 31 siswa lainnya lulus di Universitas Halu Oleo (UHO).

“Siswa MAN 1 Kendari yang lulus SNBP itu tersebar di beberapa program studi. Mereka lulus pada Program Studi Kedokteran, Pendidikan Dokter, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Ilmu Gizi, Farmasi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Geografi, Pendidikan Jasmani, Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Komputer, Statistika, Teknik Pertambangan, Teknik Informatika, Teknik Arsitektur, Ilmu Hukum, Akuntansi, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Hubungan Internasional, Administrasi Negara, dan Sosiologi,” ungkapnya.

La Tangkalalo bersyukur dan bangga atas diterimanya siswa-siswa dari lembaga yang dipimpinnya itu di beberapa kampus besar di Indonesia melalui jalur prestasi. Menurutnya, itu semua merupakan hasil jerih payah selama di madrasah dan sekaligus menjadi bukti prestasi dan kualitas madrasah, khususnya MAN 1 Kendari, baik di bidang akademik maupun non akademik. “Ini menandakan bahwa MAN 1 Kendari merupakan sekolah unggulan yang lulusannya siap pakai dan mampu bersaing untuk diterima di beberapa perguruan tinggi favorit,” tegas La Tangkalalo.

Ia juga menerangkan, bahwa lulusan MAN 1 Kendari selain diterima di perguruan tinggi negeri ternama, juga banyak diterima menjadi anggota Polri dan TNI maupun sekolah kedinasan. “Oleh karena itu, MAN 1 Kendari terus berbenah. Mulai tahun ajaran baru nanti, peminatan siswa benar-benar disesuaikan dengan rencana karir dan masa depannya sehingga kelak lulus dari MAN 1 Kendari, mereka siap melanjutkan pendidikan sesuai dengan yang mereka inginkan. Pokoknya, MAN 1 Kendari akan mengakomodasi semua bakat, potensi, dan prestasi siswa dalam rangka membantu pencapaian cita-cita siswa ke depan,” terang La Tangkalalo.

Ia menambahkan, bahwa selaku pimpinan ia berharap agar siswa-siswi MAN 1 Kendari terus memberikan yang terbaik buat dirinya sendiri, keluarga, dan almamaternya. Dirinya juga berharap, orang tua dan masyarakat dapat dan tetap menjadi mitra dalam membentuk dan membangun sumber daya manusia anak didik di MAN 1 Kendari. “Harapannya, semoga kepercayaan masyarakat kepada MAN 1 Kendari menjadi lebih kuat sehingga MAN 1 Kendari dapat menjadi pilihan pertama dalam melanjutkan pendidikan anak-anaknya,” tandasnya. (win/b)

  • Bagikan