IAIN Kendari Siapkan 50 Persen Kuota Jalur UM-PTKIN 2024

  • Bagikan
Mahasiswa IAIN Kendari. (Dok. Humas IAIN Kendari)
Mahasiswa IAIN Kendari. (Dok. Humas IAIN Kendari)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kabar baik bagi yang berkinat studi di perguruan tinggi negeri Islam. Kampus Islam terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra), yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari kini membuka seleksi pendaftaran calon mahasiswa baru (Camaba) jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) sejak 17 April hingga 15 Juni 2024 mendatang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Kendari, Jumarddin La Fua, mengatakan bahwa IAIN Kendari memiliki empat fakultas, yakni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) terdiri dari 10 Program Studi (Prodi), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah 4 Prodi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Febi) 3 Prodi dan Fakultas Syariah 3 Prodi. “Jadi di IAIN Kendari memiliki 20 Prodi,” ujarnya.

Adapun 20 Prodi tersebut antara lain Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan IPA, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Ilmu Aquran dan Tafsir, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Manajemen Bisnis Syariah, Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Tata Negara. “Ini merupakan Prodi-prodi yang ada di IAIN Kendari,” jelasnya.

Ia juga menyebut, bahwa informasi pendaftaran terdapat pada https://spmb.iainkendari.ac.id atau https:// um.ptkin.ac.id/. Pendaftaran telah dimulai sejak 17 April hingga 15 Juni 2024 mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan uji coba UM-PTKIN 21 hingga 22 Juni dan ujian akan dilaksanakan pada 24, 27, 29 dan 30 Juni yang terakhir pengumuman itu dijadwalkan 08 Juli 2024. “Jalur ketiga yang akan kami buka adalah, jalur Ujian Masuk Lokal Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMLPTKIN) yang saat ini sedang kami jadwalkan,” terang Jumarddin.

Ia menambahkan, bahwa dalam jalur UM-PTKIN IAIN Kendari akan menerima sebanyak 50 persen kuota. “Yang kita terima itu pada jalur ini 50 persen. Mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar dan kuota kita terpenuhi sesuai dengan harapan kita. Kemudian bagi Camaba yang belum tercover dalam jalur sebelum diharapkan agar kembali melakukan pendaftaran pada jalur UM-PTKIN ini,” tutupnya. (win/b)

  • Bagikan