Pj Gubernur Andap Pimpin Apel K3, Tekankan Pentingnya Keselamatan Kerja

  • Bagikan

KENDARINEWS.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto memimpin Apel Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2024 di Kantor Gubernur Sultra pada Senin (15/01/24). Apel kesiapan ini mengangkat tema "Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha," dengan tujuan menekan angka kecelakaan kerja.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur membacakan pesan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), yang mengajak semua pihak untuk meningkatkan budaya K3 guna mengurangi angka kecelakaan kerja. "Tingkatkan pemahaman dan kesadaran penerapan norma ketenagakerjaan, membangun budaya K3. Insyaa Allah angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat kita eliminir yang pada akhirnya diharapkan mampu tingkatkan produktivitas kerja. Tenaga kerja juga dimasukkan dalam SDGs sustainable development goals," ujar Pj Gubernur.

Mantan Kapolda Sultra itu memberikan tiga atensi kepada Pengawas Ketenagakerjaan dan Pemberi Kerja (Pengusaha). Pertama, tingkatkan kesadaran keselamatan kerja bagi pekerja dengan memberikan pelatihan dan menyediakan alat pelindung diri sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Kedua, tegakkan aturan sesuai regulasi yang berlaku. Ketiga, rubah mindset dan teknologi bekerja melalui proses pendataan yang valid dan digitalisasi.

"Laksanakan tugas dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab, pahami serta implementasikan berbagai peraturan perundang-undangan terkait ketenagakerjaan dengan baik," tambah Andap.

Andap juga membeberkan bahwa pada tahun 2023, angka pekerja yang wafat mengalami penurunan signifikan. Berdasarkan data Disnaker, tahun 2023 tercatat hanya 20 pekerja yang wafat, menurun dari 21 pekerja pada tahun 2021 dan 25 pekerja pada tahun 2022. "Kedepan saya harapkan dapat kita tekan bahkan zero accident," ungkapnya.

Pada apel tersebut, Pj Gubernur juga menyerahkan penghargaan bagi tiga perusahaan dengan angka kecelakaan nihil (zero accident award) dan memberikan bantuan kepada penerima ahli waris. PT DSSP Power Kendari, PT Putra Perkasa Abadi Site MLP, dan PT Apollo Nickel Indonesia menerima penghargaan atas program K3 yang berhasil mencapai jutaan jam kerja tanpa kecelakaan.

"Penghargaan ini sebagai motivasi untuk perusahaan lainnya agar menerapkan K3 dengan baik sehingga dapat mencapai angka zero accident. Ke depan diharapkan banyak perusahaan yang semakin banyak dapat meraih predikat ini," tutup Andap.

Turut hadir pada apel kesiapan K3 Forkopimda Tk I, Sekda Provinsi Sultra, Pimti Pratama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, Pimpinan BPJS Kesehatan, BPJS Ketengakerjaan, Pimpinan perusahaan dan karyawan perusahaan di Provinsi Sultra, serta perwakilan ASN Pemprov Sultra.(rls/kn)

  • Bagikan