Sekda Sultra: RSJPDO Punya Fasilitas Mewah, Pelayanan Juga Harus Maksimal

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, Asrun Lio memuji fasilitas mewah dan gedung megah yang dimiliki Rumah Sakit Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yii Koo (RSJPDO) Provinsi Sultra. Dirinya berharap, dengan fasilitas seperti itu, harus ditunjang dengan pelayanan maksimal.

Harapan itu disampaikan Asrun Lio saat membuka soft opening Pelayanan Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yii Koo (RSJPDO) Provinsi Sultra, Selasa (12/12/2023) lalu.

“Fasilitas RSJPDO ini sangat mewah dan megah. Ini RS Jantung tipe B. Tapi melihat konstruksinya, seperti RS tipe A. Makanya, kita minta manajemennya juga harus setara tipe A. Ini akan terus dievaluasi berkala, supaya bisa lebih baik lagi ke depannya," harap Asrun Lio.

Manajemen RS, lanjut Asrun Lio, telah menjalankan tugas dengan sangat baik. Itu dibuktikan dengan kucuran dana yang diberikan dalam pembangunan Rumah Sakit Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yii Koo.

"Mereka telah berjasa dalam menyiapkan dokumen, bernegosiasi, menyakinkan pusat dan daerah, sehingga bisa dapat kucuran dana pembangunan," ujarnya.

Asrun Lio juga mengapresiasi kehadiran dr. Sjarif Subijakto sebagai Dokter Spesialis. Sekaligus juga mantan Direktur RS Jantung. “Kami mengucapkan terima kasih, tanpa beliau ini tidak akan mendapatkan pengakuan secara kelembagaan dan masyarakat. Kita berharap, dengan dukungan semua, bisa menjadi RS internasional," harapnya.

Dari sisi peralatan tidak ada masalah. Menurut mantan Kadis Dikbud Sultra ini, alat kesehatan sekarang diprioritaskan oleh Kementerian Kesehatan.

"Silahkan Direktur bersama tim mengidentifikasi kembali alat-alat kesehatan dan tentu bisa diajukan di Kementerian Kesehatan," tambahnya.

Sementara itu, Plt. Direktur RSJPDO, dr. H. Algazali Amirullah, M.Kes, menjelaskan, sesuai arahan pimpinan, pihaknya telah membuka layanan poli klinik mulai 12 Desember 2023.

"Doakan kami, semoga tidak ada hambatan. Rencana, Februari atau Maret 2024 mendatang, kita akan lakukan grand opening," harapnya.
Rencana, saat grand opening, pihaknya akan menghadirkan Menteri Kesehatan.

dr Algazali menjelaskan, ke depan pihaknya akan membuka pelayanan IGD, rawat inap, dan rawat jalan. Saat ini, baru buka rawat jalan.

"Kami ingin pelayanan yang diberikan bisa maksimal dan memberikan trust kepada masyarakat. Kita berharap, RS ini bisa menjadi rujukan dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya wilayah Indonesia Timur," ungkapnya.

dr Algazali menambahkan, dalam setahun terakhir, pihaknya memang belum membuka praktek pelayanan pasien. Kendati begitu, banyak kegiatan luar yang dilakukan. Sehingga mendapat apresiasi dari Komisi Informasi Provinsi Sultra.

“Baru-baru ini, RSJPDO mendapatkan peringkat terbaik pertama dari Komisi Informasi Provinsi Sultra yang ada di lingkungan OPD," imbuhnya. (KP)

  • Bagikan