IAIN Kendari Terapkan Portal Merpati

  • Bagikan
Suasana workshop penerapan Portal Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Merpati) yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan selama dua hari, tanggal 6 hingga 7 November 2023. (Humas IAIN Kendari)
Suasana workshop penerapan Portal Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Merpati) yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan selama dua hari, tanggal 6 hingga 7 November 2023. (Humas IAIN Kendari)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tingkatkan pemahaman terkait platform portal dalam penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar workshop penerapan Portal Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Merpati) yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan selama dua hari, 6 hingga 7 November 2023.

Rektor IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag., mengatakan bahwa pentingnya penguasaan platform portal Merpati bagi pengelola fakultas sebagai pijakan dalam implementasi MBKM di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

“Kegiatan ini menjadi salah satu langkah konkrit institut untuk mempercepat penerapan aplikasi yang telah dibuat dan dikembangkan oleh Kemenag RI dalam upaya percepatan pelaksanaan MBKM,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Jumarddin La Fua, M.Si., mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini berdasar pada Keputusan Dirjen Pendis Nomor 1591 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Implementasi MBKM pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Portal Merpati akan menjadi platform digital yang akan membantu PTKI dalam mengimplementasikan 9 program MBKM antara lain pertukaran mahasiswa, moderasi beragama, membangun desa KKN Tematik, studi proyek independen, kegiatan wirausaha, proyek kemanusiaan, penelitian riset, asistensi mengajar, dan magang atau praktek kerja.

“Portal ini nantinya akan membantu dalam melakukan kolaborasi informasi penyelenggaraan MBKM pada PTKI,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa pada kegiatan ini, panitia menghadirkan narasumber dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Kasim Riau, Dr. Harris Simaremare, ST. MT selaku Tim Pengembang IT dari MBKM Kemenag RI.

Selain menyampaikan urgensi implementasi MBKM di perguruan tinggi, Harris juga melakukan pendampingan pembuatan akun pada portal Merpati yang dapat diakses melalui merpati.kemenag.go.id. Usai pelaksanaan workshop, peserta diharapkan segera menyusun perencanaan program MBKM yang rencananya akan diterapkan mulai tahun akademik 2024/2025 mendatang. (rls/win)

  • Bagikan