Brand Pariwisata Colour, Harmony, Inspiring and Comfortable Menangkan API Award 2023

  • Bagikan
Potensi pariwisata Buton cukup menjanjikan. Dengan mengemas brand yang tepat, Dinas Pariwisata setempat terus mempromosikan keanekaragaman destinasi, mulai dari bawah laut, alam hingga sosial budaya. (ELYN IPO/KENDARI POS)
Potensi pariwisata Buton cukup menjanjikan. Dengan mengemas brand yang tepat, Dinas Pariwisata setempat terus mempromosikan keanekaragaman destinasi, mulai dari bawah laut, alam hingga sosial budaya. (ELYN IPO/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dalam urusan promosi dan branding pariwisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton sukses mendapat pengakuan. Dalam gelaran Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memilih Buton sebagai salah satu pemenang kategori brand pariwisata.

Penghargaan itu diserahkan hari ini, Rabu (1/11) pada malam puncak API 2023 di Kota Ambon. "API Award merupakan wadah kompetisi 18 kategori pariwisata nasional. Mulai dari kategori makanan tradisional, promosi digital, brand pariwisata, cenderamata, olahraga dan petualangan, wisata air, ekowisata, dataran tinggi, situs sejarah, atraksi budaya, surga tersembunyi, minuman tradisional, destinasi belanja, kampung adat, festival pariwisata, destinasi unik dan baru.

Kepala Dinas Pariwisata Buton, Rusdi Nudi, mengakui, sejak tahun 2021, brand colour, harmony, inspiring and comfortable (CHIC) of Buton sudah digaungkan pihaknya. "Bahkan tahun 2022 lalu, Mas Menteri Sandiaga Uno juga ikut mempromosikan pin CHIC ketika beliau berkunjung ke Buton," jelas Rusdi Nudi.

Dalam ajang tersebut, Pemkab Buton ikut dalam dua nominasi, promosi digital dan brand pariwisata. Nominasi aplikasi berbasis android yaitu Explore Buton dan Brand Pariwisata CHIC of Buton. Namun khusus brand pariwisata, masuk dalam tiga besar. "Raihan ini tentu karena dukungan semua pihak. Makanya, ini menjadi prestasi kita bersama," tandas Rusdi Nudi. (b/lyn)

  • Bagikan