Visitasi Wisnus di Sultra Capai 9,2 Juta

  • Bagikan
Belli Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra
Belli Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra

--Melampaui Target Nasional 6,6 Juta Kunjungan Wisata

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kinerja Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra pada sektor kepariwisataan sangat menggembirakan. Dinas yang dipimpin Belli Tombili itu sukses meningkatkan visitasi (kunjungan) wisatawan nusantara (wisnus) di Sultra tahun 2023. Hingga September 2023, visitasi wisnus di Sultra mencapai 9.232.680 (9,2 juta) perjalanan wisata atau sekira 139,8 persen. Capaian itu melampaui target nasional yakni 6,6 juta perjalanan wisnus yang diberikan kepada daerah-daerah.

Keberhasilan pencapaian target Dispar Sultra itu terungkap dalam rapat koordinasi (Rakor) Target Pencapaian Wisatawan Nusantara yang dipimpin oleh Direktur Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dwi Marhen Yono, mengungkapkan capaian nasional sebesar 629,06 juta dari target 1,2-1,4 miliar perjalanan. Sultra dan Sulawesi Barat (Sulbar) menjadi 2 dari 34 provinsi yang melampaui target nasional, yang dihitung perjalanan wisnusnya melalui metode MPD (Mobile Positioning Data).

"Pergerakan MDP ini dihitung sebagai satu perjalanan wisnus jika memenuhi tiga syarat, yaitu pergerakan antar kabupaten/kota, menetap minimal enam jam, dan dilakukan maksimal empat kali dalam sebulan," jelas Marhen.

Sementara itu, Kepala Dispar Sultra, Belli Tombili mengatakan, capaian 9,2 juta visitasi wisnus di Sultra tahun 2023 tidak terlepas dari kerja keras semua pemangku kepentingan kepariwisataan di Sultra. Mulai dari pemerintah, industri pariwisata seperti UMKM, komunitas seni budaya, pelaku ekonomi kreatif, dan lain sebagainya.

"Kita masih punya waktu sekitar 1 bulan untuk meningkatkan pergerakan wisnus kita, baik di dalam provinsi Sultra maupun dari luar provinsi. Kita optimistis, hingga akhir tahun 2023, perjalanan wisnus kita bisa tembus hingga 10 juta perjalanan, ujar Kadispar Sultra, Belli Tombili kepada Kendari Pos, Kamis (16/11/2023), kemarin. (rah/b)

  • Bagikan