Gelar Coffee Morning, Polda Sultra Ajak Media Sinergi Menjaga Kamtibmas Jelang Tahun Politik

  • Bagikan
Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan, S.I.K., S.H., M.H, (berdiri) memberikan sambutan saat acara Coffee Morning bersama pimpinan media dan wartawan di Kopi Kita (Kokpit) 2 Kendari, Jumat, 13 Oktober 2023. FOTO: Muh Abdi Asmaul.
Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan, S.I.K., S.H., M.H, (berdiri) memberikan sambutan saat acara Coffee Morning bersama pimpinan media dan wartawan di Kopi Kita (Kokpit) 2 Kendari, Jumat, 13 Oktober 2023. FOTO: Muh Abdi Asmaul.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) memberi perhatian serius terhadap kondisi daerah jelang tahun politik. Salah satunya, dengan mengajak media dan wartawan untuk bersinergi menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) menghadapi agenda suksesi kepemimpinan legislatif dan eksekutif tersebut.

Ajakan itu disampaikan Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan, S.I.K., S.H., M.H, saat menggelar Coffe Morning bersama wartawan di Kopi Kita (Kokpit) 2 Kendari, Jumat, 13 Oktober 2023.

Menurut Kombes Ferry, media punya peran penting dalam penyebaran informasi. Jika informasi yang disampaikan menyangkut hal-hal baik, tentu efeknya juga baik. Tapi sebaliknya, jika yang diberitakan terkait informasi sensitif atau mengandung provokasi dan hoaks, maka itu sangat berbahaya.

"Berita provokatif dan hoaks bisa memicu konflik, sehingga mengganggu stabilitas daerah. Tentu kita tidak ingin, hal seperti itu terjadi. Makanya, mari kita menjaga pola pemberitaan supaya tidak masuk ke ranah itu," harapnya.

Kombes Ferry berharap, media dan wartawan lebih bijak dalam memberitakan sesuatu yang belum jelas kebenarannya. Tanpa bermaksud mengintervensi kebijakan redaksional masing-masing media, dirinya berharap, agar tidak hanya mengejar klik bait.

Termasuk kalau ada berita yang berpotensi menimbulkan perpecahan di masyarakat, sebaiknya media menjadi bagian cooling system. "Ini penting kami sampaikan. Sebab, kita menghadapi tahun politik yang tentu eskalasi nya lebih tinggi. Makanya, kita mulai dari sekarang. Menjaga daerah tetap kondusif lewat pemberitaan yang baik," harapnya.

Coffee morning yang digelar, sebagai rangkaian peringatan ulang tahun ke-72 Humas Polri. Sebelum coffee morning, Ferry beserta jajaran dan wartawan menanam pohon bersama.

Dalam pertemuan coffee morning, turut hadir Pemred Kendari Pos yang juga mewakili SPS, Inong Saputra, Ketua PWI Sultra Sarjono, Ketua AJI Kendari Rosniawati Fikri, Ketua SMSI Gugus Suryaman, Pimpinan RRI Kendari, dan wartawan. (KP)

  • Bagikan