Kolut dan Kendari Raih Supremasi Tertinggi

  • Bagikan


-Kolut Adipura Kategori Kota Kecil
-Kendari Kategori Kota Sedang

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK) Jakarta menjadi saksi catatan prestasi Pemkab Kolut dan Kota Kendari. Penjabat (Pj) Bupati Kolut, Parinringi dan Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menerima trofi adipura tahun 2022 dari Menteri LHK, Siti Nurbaya, Selasa (28/2), kemarin. Capaian Kolut dan Kota Kendari itu sangat membanggakan sebab supremasi tertinggi menyangkut kebersihan dan kesehatan lingkungan di Indonesia.

Pj.Bupati Parinringi memboyong trofi adipura ke-6 yang berhasil diraih Pemkab Kolut. "Syukur alhamdulillah. Hari ini (kemarin), kita berhasil membawa pulang trofi Adipura. Ini capaian ke-6. Kami berharap penghargaan ini bisa terus dipertahankan. Jika perlu ditingkatkan lagi," ujar Pj.Bupati Parinringi kepada Kendari Pos melalui sambungan telepon, kemarin.

Menteri Siti Nurbaya memberikan atensi dan menitip pesan khusus kepada Penjabat (Pj) Bupati Kolut Parinringi. "Ketika menerima penghargaan adipura, ibu menteri menitip pesan kepada saya. Beliau bilang, sampaikan ke seluruh masyarakat Kolut untuk merawat dan menjaga kebersihan," kata Pj.Bupati Parinringi.

Pencapaian ini merupakan buah kolaborasi seluruh lapisan masyarakat terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kolut. Sejauh ini, DLH Kolut mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Khusus bagi petugas kebersihan, Parinringi mengucapkan terimakasihnya. Mereka memiliki kontribusi besar menjaga kebersihan dan mempercantik wajah Kota Lasusua.

Foto Kiri : Pj.Bupati Kolut, Parinringi (kanan) menerima trofi adipura dari Menteri LHK, Siti Nurbaya (kiri) di gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK Jakarta, Selasa (28/2), kemarin.
Foto Kanan : Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (kanan) menerima trofi adipura dari Menteri LHK, Siti Nurbaya (kiri) di gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK Jakarta, Selasa (28/2), kemarin.

"Saya sangat mengapresiasi peran petugas kebersihan. Mereka adalah pejuang-pejuang hijau yang terus bekerja keras untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat. Makanya, Kota Lasusua tetap bersih dan hijau," ungkap Pj.Bupati Parinringi yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sultra itu.

Menurut mantan Wakil Bupati Konawe itu, program Sehat Bersih dan Jumat Sehat turut memberi sumbangsih dalam raihan trofi adipura. Tiap hari Selasa, seluruh OPD hingga masyarakat di tingkat desa/kelurahan kerja bakti dan bersih-bersih lingkungan.

Program ini ternyata cukup efektif menjaga kebersihan dan lingkungan hijau. Melalui gerakan Sehat Bersih DLH Kolut sangat terbantu. Untuk program Jumat Sehat lebih fokus pada kegiatan olahraga atau senam. Namun terkadang juga dilakukan kerja bakti. "Setelah meraih adipura ke-6 ini, Pemkab Kolut membidik Adipura Kencana tahun depan," Pj.Bupati Parinringi memastikan.

Trofi adipura 2022 bagi Kota Kendari menjadi raihan adipura ke-11. Pj.Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, mengatakan, trofi adipura yang diraih merupakan hasil kerja keras seluruh pihak, baik pemerintah, masyarakat, dan seluruh elemen terkait dalam mengelola dan menjaga kebersihan lingkungan kota.

Parameter keberhasilan raihan adipura tersebut dilihat dari kebijakan, output program, dan dukungan anggaran dengan pemanfaatan secara optimal serta meningkatnya peran dan tanggung jawab masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masing-masing.

  • Bagikan