Kolut dan Kendari Raih Supremasi Tertinggi

  • Bagikan

Penghargaan ini untuk mendorong pemerintah daerah membangun keaktifan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan.Tujuannya memacu masyarakat ikut andil dalam membangun lingkungan kota yang bersih.

"Semoga penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu semangat bersama dengan semakin meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kebersihan serta sampah untuk mewujudkan Kota Kendari yang Bersih dan Asri sebagai bagian dari Kendari Bergerak," kata Pj.Wali Kota Asmawa, kemarin.

Capaian penghargaan ini tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi dari seluruh stakeholder yang ada di Kota Kendari dalam mewujudkan kebersihan lingkungan masing-masing yang pada akhirnya berakumulasi pada kebersihan kota secara menyeluruh.

"Terimakasih kepada seluruh warga kota, aparat pemerintah kelurahan dengan RT/RW-nya, kecamatan, OPD, jajaran Forkopimda serta pihak-pihak terkait lainnya yang telah peduli dan berkontribusi dalam pengelolaan kebersihan di Kota Kendari selama ini," ujar Pj.Wali Kota Asmawa.

"Secara khusus penghargaan Adipura ini didedikasikan kepada Petugas Kebersihan Pemkot Kendari yang telah bekerja keras sehingga Kota Kendari dinilai layak sebagai kategori Kota Sedang yang berhasil dalam manajemen pengelolaan kebersihan," sambung Pj.Wali Kota Asmawa.

Sementara itu, Kepala DLH Kolut, Mardang mengatakan trofi adipura pertama kali diraih Pemkab Kolut tahun 2013 dan mampu dipertahankan hingga 2018, minus tahun 2015. Terakhir Kolut meraih Piala Adipura tahun 2018. Lalu vakum tiga tahun akibat pandemi Covid-19,
trofi adipura baru diraih lagi tahun 2022. "Trofi adipura yang diraih tahun 2023 ini sebenarnya hasil penilaian dari lomba yang digelar Kementerian LHK tahun 2022. Namun baru diumumkan dan diserahkan tahun 2023," ujarnya. (mal/ags/b)

  • Bagikan