Motif dan Tenun Bombana Berkibar di Panggung Internasional

  • Bagikan

-Tampil Memukau di NYIFW dan IFW 2023

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bulan ke dua tahun 2023, nama Kabupaten Bombana menggema di kancah nasional dan internasional. Penjabat Bupati (Pj) Bupati Bombana, Ir. Burhanuddin dan Pj. Ketua Dekranasda Hj. Fatmawati Kasim Marewa, sukses membawa motif Bombana melenggang ke gelanggang dunia pada ajang Newyork Indonesia Fashion Week (NYIFW) 2023, yang diselenggarakan di Amerika Serikat, 11 Februari lalu. Masih di bulan yang sama, Sabtu, 25 Februari, tenun Bombana kembali tampil memukau di gelanggang Jakarta Convention Center (JCC), dengan ikut andil dalam ajang Indonesia Fashion Week (IFW).

Tampil memukau di dua even bergengsi, di dua negara berbeda dan di bulan yang sama, motif Bombana terus mendapat perhatian masyarakat. Hal itu, tak lepas dari tangan dingin Hj. Fatmawati. Sejak mendapat amanah sebagai Pj. Ketua Dekranasda Bombana, dirinya telah memiliki keinginan, untuk memperkenalkan motif tenun Bombana ke kancah internasional.

Menurutnya, Bombana dikaruniai sejumlah panorama alam, ragam kesenian, adat istiadat dan corak yang beragam. Perempuan yang juga ketua Dharmawanita Dinas Sumber Daya Alam (SDA) dan Bina Marga Sultra ini, ingin membawa Bombana, lebih maju dan dikenal tak hanya di negara sendiri. Namun juga, di negara luar melalui keindahan ragam budaya dan motif yang dimilikinya.

Untuk itu, sejak menakhodai organisasi yang menghimpun pegiat seni dan kerajinan daerah Bombana ini, Hj. Fatmawati pun mencurahkan perhatiannya pada organisasi tersebut. Tujuannya, mengibarkan kerajinan Bombana agar dapat dikenal lebih luas lagi.

“Keindahan serta beragam motif dan budaya yang kita miliki ini, harus didorong supaya lebih dikenal masyarakat luas. Tak hanya di Indonesia, tapi juga dunia internasional,” ungkapnya kepada Kendari Pos.

Ketika tampil dalam ajang NYIFW 2023 di Amerika Serikat, dia menggandeng salah satu desainer kondang Indonesia yakni, Defrico Audy untuk mendesain motif Bombana, menjadi sebuah busana yang indah dan apik. Tak hanya itu, dalam NYIFW 2023 tersebut, salah satu motif yang di tampilkan, yakni motif Kepala Kuda hasil rancangan pribadi Hj. Fatmawati Kasim Marewa.

  • Bagikan