Motif dan Tenun Bombana Berkibar di Panggung Internasional

  • Bagikan

“Motif kepala kuda adalah motif baru yang merupakan ciri khas daerah Kabupaten Bombana. Yaitu motif kuda di masa lampau, masyarakat Kabaena menjadikan kuda sebagai alat transportasi masyarakat dalam kehidupan ekonomi,” jelasnya.

Dalam ajang NYIFW 2023 itu, tenunan dan motif Bombana yang didesain elegan oleh Defrico Audy, dikenakan langsung model asal negara yang dipimpin Joe Biden tersebut. Nampak testimoni dari beberapa video yang beredar, model tersebut tampil cantik dan elegan dari balutan corak daerah Bombana.

Untuk itu, Ketua PKK Kabupaten Bombana ini mengaku, tenunan dan motif Bombana tidak hanya cocok digunakan orang Indonesia saja. Tapi juga sangat cocok didikenakan orang luar.

Tak kalah cantik, dalam acara IFW 2023 yang berlangsung di JCC, motif dan tenunan Bombana juga melenggang indah dan cantik yang diperagakan langsung model asal Indonesia. Dalam acara tersebut, Ketua Dekranasda Bombana ini, juga ikut tampil dan berjalan di catewalk menggunakan baju motif daerahnya. Dengan anggun, dia berjalan di depan seluruh tamu undangan, memperlihatkan keindahan motif Bombana yang dikenakannya.

“Tampil dan dikenakan model dari dua negara, menjadi bukti, motif dan tenunan Bombana dapat dikenakan siapapun. Hasilnya tetap akan terlihat indah dan elegan,” terangnya.

Hj. Fatmawati mengaku, upaya untuk terus memperkenalkan motif dan tenunan Bombana dikancah internasional maupun nasional, tak akan berhenti. Untuk itu, dia meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Bombana, agar turut andil memperkenalkan motif daerah yang dimiliki di dunia luar.

“Mari kita bersama-sama, berusaha memperkenalkan motif daerah yang kita miliki dikancah nasional maupun internasional,” pungkasnya. (adv/idh)

  • Bagikan