Event Sultra Tenun Karnaval Dihelat

  • Bagikan
Wa Ode Nursanti Moninse

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Event Sultra Tenun Karnaval yang mengangkat tema "Wonderful Sulawesi Tenggara (Sultra)" pertama kali digelar di Kota Baubau, sekaligus menjadi ajang promosi produk tiap daerah di provinsi ini. Hal tersebut diungkapkan Ketua Dekranasda Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Moninse. Menurutnya, kegiatan Sultra Tenun Karnaval dapat menjadikan Sulawesi Tenggara sebagai salah satu daerah berbasis budaya serta mempertahankan kearifan lokal. "Event ini dapat menjadi ajang promosi potensi tenun khas Sultra, baik ditingkat lokal, regional, nasional maupun internasional. Ini event pertama diadakan di Kota Baubau. Semoga dapat mendorong kreativitas dan inovasi para pelaku usaha dan komunitas kreatif di subsektor kriya dan fashion untuk menampilkan hasil karya yang lebih baik lagi," ujar Nursanti di Rujab Wali Kota Baubau, Kamis (8/12).

Ia menambahkan, event tersebut diharap dapat meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku industri kreatif. Ini juga dapat memotivasi generasi muda untuk mengembangkan dan melestarikan tenun daerah.

"Moment seperti ini dapat kita jadikan wadah bagi para pelaku industri kreatif dalam mengembangkan kreativitasnya serta menambah penghasilan perekonomian mereka. Selain itu event Sultra Tenun Karnaval diselenggarakan dengan tujuan dapat menjadi kegiatan terbesar se Indonesia Timur," gagasnya.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Baubau itu menjelaskan, kegiatan tersebut digelar sejak kemarin hingga 10 Desember 2022 mendatang. Ada gala dinner, karnaval, pameran prodak unggulan daerah, serta panggung hiburan rakyat. "Pameran produk unggulan kita sudah mulai sejak Kamis sampai Sabtu di Kota Mara Baubau. Karnaval tenun Sultra diadakan pada hari Jumat serta panggung hiburan rakyat pada hari Sabtu. Malam ini kami gelar gala dinner di Rujab Wali Kota Baubau," tandas Nursanti Monianse. (c/mel)

  • Bagikan