Tingkatkan Kualitas UMKM, Kompetitif di Pasaran

  • Bagikan
RAMAI PENGUNJUNG : Pemkab Butur ambil bagian dalam mempromosikan produk unggulannya di ajang pekan produk unggulan daerah di Kendari. Tampak Ketua TP-PKK Butur, Hj. Muniarty M. Ridwan mempromosikan salah satu produk UMKM daerahnya. (DISKOMINFO KABUPATEN BUTON UTARA FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) turut andil dalam event Pekan Produk Unggulan Daerah di kawasan MTQ Square, Kendari. Ajang tersebut dimanfaatkan untuk mempromosikan produk unggulan Butur hingga 25 April 2024, hari ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Butur, Hj. Muniarty M. Ridwan, menjelaskan, keikutsertaan daerah merupakan rangkaian memeringati HUT ke-60 Sultra tahun ini yang bertujuan mendorong pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan kualitas produk dan menampilkan inovasi lebih baik, sehingga mampu bersaing di pasar kompetitif.

"Produk UMKM Butur telah menembus pasar secara nasional bahkan internasional. Seperti kain ekoprint sudah dipromosikan sampai di Jerman dan pada lomba motif tenun menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sultra baru-baru ini. Motif katapai menyandang sebagai juara," bangga Muniarti M. Ridwan, Rabu (24/4). Pada malam pembukaan sebelumnya, Stand Pemkab Butur memang terlihat cukup ramai dan diminati pengunjung. Sekretaris Kabupaten (Sekab), Muhammad Hardhy Muslim, mengaku, otoritanya telah lama dikenal sebagai ikon pengembangan produk UMKM daerah, terutama pertanian dan perikanan serta kehutanan. "Ke depan diharapkan produk-produk unggulan Butur dapat melakukan penetrasi pasar ke luar dan menjadi cinderamata bagi masyarakat," timpalnya.

Pada malam pertama pembukaan, sejumlah produk yang ditampilkan banyak terjual. Mulai dari kain tenun Kambowa berbagai motif, tas plastik motif kain, mete berbagai kemasan, kerajinan tangan anyaman untuk aksesoris, tas dari tempurung kelapa, sambal ikan tuna dan berbagai jenis kuliner khas Butur. (b/had)

  • Bagikan