Sekda : SPM Sultra Meningkat

  • Bagikan
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo Membuka Acara Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards Tahun 2024 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Rabu (24/4/2024).
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo Membuka Acara Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards Tahun 2024 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio mewakili Penjabat Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto dalam acara Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards Tahun 2024 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Rabu (24/4/2024). Acara tersebut dibuka Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo.

Sekda Asrun Lio mengatakan kendati tak meraih penghargaan tahun ini, namun SPM Pemprov Sultra meningkatan setiap tahunnya. Adapun capaian SPM Pemprov Sultra selama 5 tahun dengan tren meningkat dari tahun ke tahun, yakni SPM tahun 2019 sebesar 52,53%, SPM tahun 2020 sekira 62,45%, SPM tahun 2021 sebesar 69,71%, tahun 2022 sebesar 76,94% dan SPM tahun 2023 sebesar 83,29%.

“Alhamdulillah, 6 urusan pelayanan dasar SPM kita yang merupakan pelaksanaan urusan wajib terus mengalami peningatan dari tahun ke tahun. Mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, perumahan rakyat, pekerjaan umum, perlindungan masyarakat, ketentraman dan ketertiban umum, hingga bidang sosial,’’ ujar Sekda Asrun Lio melalui keterangan tertulis yang diterima Kendari Pos, Rabu (24/4/2024).

Sekda Sultra, Asrun Lio

Pemprov Sultra banyak mendapatkan informasi dalam ajang SPM Awards 2024. Hal itu menjadi modal untuk meraih target capaian SPM di Sultra pada tahun berikutnya. “Pj Gubernur Sultra meminta kepada semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan SPM ini untuk dapat bekerja ekstra," tuturnya.

Menurut Sekda Asrun Lio, permintaan Pj Gubernur Sultra itu sesuai arahan pemerintah pusat bahwa semua pemerintah daerah dituntut mampu lebih berinovasi dan berkreasi dalam menyelenggarakan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat.

Sekda Asrun Lio menyampaikan apresiasi Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto kepada Kemendagri yang telah memberikan gambaran posisi Provinsi Sultra terkait penyelenggaraan SPM, sekaligus memberikan masukan dan strategi dalam peningkatannya. "Sehingga ini mampu menjadi motivasi dan dukungan bagi Pemprov Sultra untuk meningkatkan penyelenggaraan SPM di Sultra pada tahun-tahun mendatang," tuturnya. (rah/b)

  • Bagikan