Pencairan ADD Tahap Pertama Belum Tuntas

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dana Desa (DD) triwulan pertama telah tuntas dicairkan, namun pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) belum teralisasi seratus persen. Sekira 20 desa di Kabupaten Wakatobi belum menyelesaikan proses pencairan tahap pertama tahun 2024 ini, meskipun usulan permintaan sudah dilakukan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Nurbahtiar menjelaskan 75 desa di Wakatobi telah melakukan pencairan DD tahap pertama. Dipastikan anggaran dari kas negara itu telah masuk ke seluruh kas desa di Wakatobi. Bahkan saat ini beberapa desa sudah mulai mempersiapkan pencairan tahap keduanya.

“Kalau DD semua sudah masuk anggaran tahap pertama dari kas negara ke kas desa. Kalau ADD baru sebanyak 70 persen yang cair anggarannya. Sisanya belum,” ujarnya.

Kendati demikian, pencairan tahap pertama masih bisa dilakukan pada triwulan kedua ini. Bila memenuhi syarat maka pencairan tetap diproses mengingat dananya sudah tersedia di kas daerah. Sementara untuk desa-desa yang telah menyelesaikan tahap pertama bisa mempersiapkan tahap kedua.

“Jadi tergantung dari desa yang sudah menyelesaikan tahap pertama. Kalau persyaratannya sudah disampaikan ke Pemdes dan memenuhi syarat maka bisa direkomendasikan oleh Pemdes untuk dilakukan pencairan tahap selanjutnya,” terangnya.

Hal itu bisa dilakukan meski masih ada banyak desa yang belum menyelesaikan pencairan tahap pertama. Apalagi saat ini sudah memasuki triwulan kedua. Jika sudah mempersiapkan persyaratan dan memenuhi maka Pemdes akan mengeluarkan rekomendasi dan pihak keuangan siap mencairkan tahap kedua. (thy/c)

  • Bagikan