Ajang Promosi Produk UMKM Unggulan Sultra

  • Bagikan
H. Belli Kadis Pariwisata Sultra
H. Belli Kadis Pariwisata Sultra

-- Pekan Produk Unggulan Sultra Digelar di MTQ Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra menggelar Pekan Produk Unggulan 2024 di Kawasan Eks MTQ Kendari. Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari. Mulai 23 April hingga 25 April 2024.

Stand pameran Kabupaten Muna.
Stand pameran Kabupaten Muna.

Peserta Pekan Produk Unggulan 2024 berasal dari 17 Kabupaten/Kota se-Sultra. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Provinsi Sultra.

Beragam produk unggukan UMKM se Sultra ditampilkan dalam acara ini. Diantaranya, Kuliner, Kriya hingga Tenun. Sejauh ini, tercatat ada 25 stand produk. Terdiri dari 17 stand produk kabupaten/kota, lima stand UMKM, satu stand Dispar Sultra, dan lainnya.

Stand pameran Kabupaten Bombana.
Stand pameran Kabupaten Bombana.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra, H. Belli menjelaskan, dalam rangka memeriahkan HUT ke- 60 Sultra, Dispar menggelar pameran produk unggulan, dengan menampilkan berbagai produk andalan atau primadona dari 17 kabupaten/kota se-Sultra.

Stand pameran Kabupaten Konawe Kepulauan.
Stand pameran Kabupaten Konawe Kepulauan.

“Selain pameran, acara ini juga dimeriahkan dengan talkshow, promosi Ekraf UMKM, dan hiburan dari band lokal. Kegiatan ini menjadi ajang promosi produk UMKM unggulan Sultra,” ungkap Belli, kemarin.

Stand pameran Kabupaten Konawe Utara.
Stand pameran Kabupaten Konawe Utara.

Dalam acara ini, perwakilan dari 17 kabupaten/kota di Sultra, menampilkan produk unggulan dari daerah masing-masing di setiap stand pameran. Produk yang dipamerkan berupa jasa dan barang-barang dengan keunikan dan ciri khas yang berasal dari daerah tersebut. Belli menegaskan, produk unggulan ini merupakan, hasil kerajinan dari para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sultra.

Stand pameran Kabupaten Kolaka Timur.
Stand pameran Kabupaten Kolaka Timur.

Lanjut dia, Pekan Produk Unggulan dihadirkan untuk mendorong perkembangan UMKM di Sultra. Melalui pameran ini, diharapkan pelaku UMKM terpacu untuk meningkatkan kualitas produk dan menampilkan inovasi yang lebih baik, sehingga mampu bersaing di pasar dan semakin kompetitif. (rah/adv)

  • Bagikan