35 Proposal Mahasiswa UHO Lolos Pendanaan PKM

  • Bagikan
Suasana pelatihan PKM mahasiswa UHO. (Dok. Humas UHO)
Suasana pelatihan PKM mahasiswa UHO. (Dok. Humas UHO)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Patut diacungi jempol, 35 proposal dari mahasiswa Universitas Haluoleo (UHO) lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di tahun 2024. Dari ribuan judul yang dipertimbangkan, UHO menunjukkan keunggulannya dengan berhasil menyumbang pada judul terpilih secara keseluruhan. Prestasi ini membuktikan semangat inovasi dan kreativitas Mahasiswa UHO memancar di panggung pendidikan tinggi Indonesia.

Biro Akademik dan Kemahasiswaan UHO, Kudrat, mengatakan bahwa PKM merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek Dikti), melalui Sistem informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan (SIMBELMAWA). Sebelum dinyatakan lolos, 35 proposal mahasiswa UHO tersebut sebelumnya melakukan pendaftaran dan menjalani seleksi yang diikuti ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia.

“Mahasiswa mengajukan proposal PKM melalui link yang kami buka, dan kemudian ada Tim reviewer yang pilih dari Pimpinan PT (Perguruan Tinggi) untuk mereview. Kemudian kami daftar di Aplikasi Simbelmawa untuk memperoleh Akun untuk di Upload melalui Simbelmawa,” terang Kudrat.

Ia menjelaskan bahwa proposal yang telah dinyatakan lolos selanjutnya akan diberikan pendanaan oleh kementerian untuk menjalankan program yang telah diajukannya. “Untuk yang di seleksi semua judul se Indonesia yang diajukan oleh PTN atau PTS dan yang layak lolos akan didanai oleh Kemendikbud,” jelasnya.

Ketua Jurusan Kimia FMIPA UHO, La Ode Ahmad, S.Si., M.Si, P.hD., mengungkapkan dari 35 mahasiswa UHO yang lolos pendanaan, ada 22 orang mahasiswa Kimia FMIPA UHO yang lolos dari program tersebut. “Alhamdulillah Mahasiswa Prodi Kimia kembali mendapatkan pendanaan PKM 22 proposal dari 35 proposal dari UHO yang lolos didanai. Ini adalah hasil kerja keras semua civitas akademika Jurusan Kimia FMIPA UHO. Tentu juga berkat dukungan dari pimpinan fakultas dan universitas,” terangnya.

Ahmad menambahkan, bahwa selanjutnya target dari Kimia FMIPA UHO adalah lolos didanai dan juara pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). “Sebenarnya untuk lolos didanai seperti ini, sudah menjadi tradisi mahasiswa Kimia karena tiap tahun selalu banyak yang lolos. Yang menjadi target kami adalah yang lolos didanai ini, diharapkan bisa meraih juara di Pimnas,” pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan