Dorong Produk UKM-IKM Go Nasional

  • Bagikan
Hj. Sitti Saleha (dua dari kanan) menerima penganugerahan apresiasi RESILIENCE AND SUSTAINABLE INDUSTRY Kategori Wilayah Pusat Pertumbuhan Industri (WPPI) Oleh Kementerian Perindustian RI

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Hj. Sitti Saleha berupaya keras mempromosikan berbagai produk Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah (UKM-IKM) agar bisa menembus pasar nasional. Itu diwujudkan melalui program kurasi pada ratusan produk UKM-IKM masyarakat.

Di Sultra pihaknya tengah melaksanakan kurasi terhadap sekira 300 UKM-IKM. Kurasi dilaksanakan untuk menyaring produk unggulan daerah yang bisa diikutkan dalam Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) tahun depan.

Ia menjelaskan, kurasi produk unggulan daerah penting dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas produksi UKM-IKM sehingga bisa berpartisipasi pada tingkat nasional (Gernas BBI).

Katanya, ratusan produk unggulan yang mengikuti kurasi berasal dari 17 Kabupaten/ Kota di Sultra dengan beragam produk seperti olahan komoditi pertanian (kelapa, cokelat, mete) dan komoditi hasil perikanan (olahan ikan dan sebagainya), serta hasil kerajinan.

“Nanti yang lolos bisa berpartisipasi dalam Gernas BBI dan produknya berpeluang untuk dipromosikan ditingkat nasional bahkan luar negeri,” kata Sitti Saleha.

Sebagai bentuk dukungan, pihaknya bakal memberikan pendampingan terhadap pelaku UKM-IKM yang terpilih sehingga bisa meningkatkan kualitas produknya.

“Gubernur sudah mengalokasikan anggaran untuk meningkatkan daya saing UKM-IKM di Sulawesi Tenggara. Pendampingan yang diberikan berdasarkan potensi yang ada seperti produksi hasil pertanian, perikanan, kerajinan tangan dan produk lainnya,” pungkasnya. (ags/adv)

  • Bagikan