TNI AD Dukung Hanpangan Nasional dan Sultra

  • Bagikan
Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (kanan) bersama istri yang juga Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Uli Simanjuntak (kiri) saat menanam perdana jagung dalam rangka mendukung Hanpangan nasional dan Sultra di Nanga-nanga, Kota Kendari, Sabtu (4/5/2024).
Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (kanan) bersama istri yang juga Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Uli Simanjuntak (kiri) saat menanam perdana jagung dalam rangka mendukung Hanpangan nasional dan Sultra di Nanga-nanga, Kota Kendari, Sabtu (4/5/2024).

--Kasad Tinjau Peternakan dan Pertanian Korem 143/HO

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mendukung Ketahanan Pangan (Hanpangan) nasional dan Sultra. Salah satu indikatornya, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak berkunjung di Sultra dan memotivasi prajurit TNI AD untuk mendukung Hanpangan nasional dan daerah.

Saat meninjau lahan peternakan dan pertanian Korem 143/HO di Nanga-nanga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu membantu pemerintah dalam menyejahterakan petani melalui berbagai program unggulan TNI AD, seperti Hanpangan dan TNI AD Manunggal Air. Termasuk di wilayah Sultra. “Ini (lahan Hanpangan) kita buat hampir di seluruh daerah," ujarnya di sela-sela penanaman perdana bibit jagung di Nanga Nanga, Kota Kendari, Sabtu (4/5/2024).

Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengapresiasi luas lahan Hanpangan yang dikelola Korem 143/HO bersama kelompok tani setempat, yakni seluas 25 hektare. "Ini (lahan) mungkin juga salah satu yang cukup baik. Dengan lahan seluas 25 hektare, segala macam ada. Ada lahan jagung, ada (peternakan) sapi, ayam, budidaya ikan juga ada. Ini juga hasil kerja sama semuanya. Kalau tidak dikeroyok (garap) ramai-ramai, petani akan kesulitan meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraannya,” ungkapnya.

Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat itu menegaskan dukungan TNI AD melalui pengelolaan lahan Hanpangan tersebut dapat membantu pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan, dan pertumbuhan ekonomi.

Penanaman perdana bibit jagung di Nanga Nanga, Kota Kendari merupakan langkah strategis, baik dalam mendukung program Hanpangan nasional, maupun mempererat hubungan antara TNI AD, Pemda, instansi terkait dan masyarakat setempat. Pemilihan Nanga Nanga sebagai lahan Hanpangan karena menjadi salah satu fokus target pembangunan Pemda.

Selain menjadi perwujudan sinergi mencapai Hanpangan Nasional, kegiatan ini juga sekaligus menegaskan TNI AD bukan hanya sebatas melaksanakan tugasnya di sektor pertahanan, tetapi juga berperan signifikan dalam mendukung pembangunan di berbagai sektor lainnya, termasuk pertanian.

Untuk diketahui, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak bersama istri yang juga Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Uli Simanjuntak menanam jagung. Turut hadir Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, Danrem 143/HO Brigjen TNI Raden Wahyu Sugiarto, dan Sekda Sultra Asrun Lio mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto. (abd)

  • Bagikan