Empat Kali Sabet AMI,PP UHO Target Akreditasi Unggul

  • Bagikan
Foto bersama usai kegiatan seminar, dimana kegiatan tersebut menjadi salah satu contoh dari kegiatan nonakademik. (Dok. Jurusan PP Faperta UHO)
Foto bersama usai kegiatan seminar, dimana kegiatan tersebut menjadi salah satu contoh dari kegiatan nonakademik. (Dok. Jurusan PP Faperta UHO)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sejak tahun 2020 hingga 2024 ini, Jurusan Penyuluhan Pertanian (PP) Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (FP UHO) memyabet Audit Mutu Internal (AMI) yang dilaksanakan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UHO. Atas dasar itulah, jurusan tersebut tengah berupaya meningkatkan akreditasi melalui reakreditasi dengan target unggul.

Ketua Jurusan Penyuluhan Pertanian FP UHO, Dr. Salahuddin, SP., M.Si., mengatakan bahwa meningkatkan akreditasi Jurusan/ Program Studi Penyuluhan Pertanian FP UHO, yakni dengan cara menyelenggarakan pengelolaan program studi berbasis indikator akreditasi dan mutu internal baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik termasuk dalam manajemen jurusan atau Program Studi.

“Salah satunya adalah lulusan tepat waktu atau lulus kurang dari 4 tahun minimal 40 persen lulusan Jurusan atau Program Studi Penyuluhan Pertanian FP UHO.

Dengan pengelolaan Program Studi yang berbasis indikator akreditasi dan mutu internal maka alhamdulillah dalam AMI yang dilaksanakan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UHO, sejak tahun 2020 hingga 2024 jurusan/ Program Studi Penyuluhan Pertanian UHO selalu juara 1, nilai AMI Jurusan/Program Studi Penyuluhan Pertanian selalu mendapatkan nilai tertinggi dari seluruh program studi di lingkungan UHO,” terangnya.

Salahuddin menjelaskan, bahwa sementara pembelajaran yang dilakukan di jurusan/Program Studi berbasis pada rencana pembelajaran (RPS) yang telah ditetapkan tim dosen pengampu. Dimana RPS tersebut mengacu pada pencapaian profil lulusan dan capaian pembelajaran (CPL) Program Studi. “Mahasiswa juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan penelitian dosen dan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dosen, mahasiswa diarahkan untuk mengikuti berbagai kegiatan kompetisi baik akademik maupun non akademik,” jelasnya.

Ia menambahkan, atas dasar itu pihaknya tahun ini menggejot peningkatan akreditasi Jurusan Penyuluhan Pertanian FP UHO. “Saat ini untuk Jurusan Penyuluhan Pertanian sementara masih akreditasi B. Tapi kami juga sementara mengajukan untuk reakreditasi menuju akreditasi unggul. Mudah-mudahan target tersebut kita bisa capai, melihat beberapa capaian dari Jurusan Penyuluhan Pertanian,” pungkas Salahuddin. (win/b)

  • Bagikan