Kuliah Keperawatan di Universitas Mandala Waluya Hanya 7 Semester

  • Bagikan
Suasana launching kurikulum 7 semester Prodi Keperawatan UMW dihadiri Rektor UMW, Dr. Ratna Umi Nurlila, S. Si, M. SC, kemarin.
Suasana launching kurikulum 7 semester Prodi Keperawatan UMW dihadiri Rektor UMW, Dr. Ratna Umi Nurlila, S. Si, M. SC, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kabar gembira bagi yang ingin kuliah Keperawatan di Universitas Mandala Waluya (UMW). Sebab, masa studinya hanya 7 semester. Hal itu seiring diterapkannya kurikulum AIPNI. Penerapan kurikukum AIPNI tersebut resmi dilaunching Jumat (5/4/2024).

Ketua Prodi S1 Keperawatan & Profesi Ners UMW, Dewi Sari Pratiwi mengatakan, mulai tahun ajaran 2024/2025, pihaknya sudah menerapkan Kurikulum AIPNI 7 semester. Di mana, sebelum kurikulum dilaunching, sudah dilakukan workshop kurikulum yang melibatkan pemateri dari AIPNI, dosen, pemangku kepentingan, stakeholder, alumni, mahasiswa serta pihat terkait.

"Kurikulum 7 semester ini, tentunya lebih memudahkan. Karena waktu kuliah lebih singkat. Sebelumnya kuliah mencapai 4 tahun lebih. Sekarang dengan waktu 3,5 tahun, sudah bisa mendapatkan gelar S1," ungkap Dewi Sari Pratiwi, kemarin.

Dewi Sari Pratiwi, Kaprodi Keperawatan UMW

Kurikulum 7 semester ini, merupakan gagasan dari Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) beberapa tahun yang lalu dan pihak prodi Keperawatan Keperawatan merespon hal itu. "Alhamdulillah, setelah kami gagas bersama secara interen, bisa dilaunching dan segera berlaku," jelasnya.

Menurutnya, Prodi Keperawatan selalu menjadi incaran. Sebab, waktu tunggu alumni S1 Keperawatan & Ners tidak lama untuk mendapatkan pekerjaan. Tentunya, sudah dibuktikan dengan alumni S1 Keperawatan & Profesi Ners banyak berkiprah di berbagai rumah sakit besar yang ada di Indonesia maupun luar negeri, seperti Jepang dan Saudia Arabia. "Alumni Keperawatan UMW dibekali dengan pelatihan BTcLS dan komunikasi efektif. Sehingga, membuat mereka mudah diterima di dunia kerja," ujarnya.

Kurikulum 7 semester ini, lanjut dia, belum berlaku pada semua prodi Keperawatan di Indonesia. Hanya UMW sudah menerapkannya mulai tahun ajaran 2024/2025.

"Kami berharap, dengan pemberlakuan kurikulum baru ini, semakin mempermudah proses belajar mengajar di Prodi Keperawatan & Profesi Ners," pungkasnya. (adv)

  • Bagikan