Mewujudkan Kendari Bersih dan Terang

  • Bagikan
Camat Baruga H. Sentosa dan Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (kiri), usai diskusi di podcast Kendari Pos Channel di Graha Pena Kendari Pos, Kamis (4/4/2024). (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)
Camat Baruga H. Sentosa dan Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (kiri), usai diskusi di podcast Kendari Pos Channel di Graha Pena Kendari Pos, Kamis (4/4/2024). (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)

--Camat Baruga Siap Tunaikan Misi Pj Wali Kota

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Camat Baruga Kota Kendari H. Sentosa punya misi besar dalam memimpin otoritanya. Ia diberi tugas oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup untuk menjadikan Kendari sebagai Kota yang aman, nyaman, dan bahagia. Sentosa mengatakan, upaya menjadikan Kendari sebagai kota yang aman, nyaman dan bahagia diimplementasikan melalui program Kendari Bersih dan Terang.

"Pak Pj Wali Kota Kendari menyampaikan kepada kami bahwa cerminan kota itu 2 indikator, yakni harus bersih dan harus terang. Itu mencerminkan wilayah kota sesungguhnya," ujar Sentosa dalam Podcast Kendari Pos Channel yang dipandu Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin, Kamis (4/4/2024).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Camat Sentosa berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menggencarkan pembangunan di wilayah kecamatan seperti mendorong perbaikan infrastruktur dasar yang menjadi kebutuhan masyarakat seperti perbaikan jalan, lorong, dan perbaikan drainase. "Kita juga mengupayakan pemukiman layak huni dan penerangan lampu jalan," kata Sentosa.

Ia tak menampik jika Kecamatan Baruga masih diperhadapkan dengan beberapa tantangan, misalnya masalah kebersihan lingkungan. "Masalah lingkungan itu hampir setiap sudut wilayah kita temukan. Misalnya pengelolaan sampah yang masih kurang. Tapi perlu diketahui bahwa sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab kecamatan maupun kelurahan. Akan tetapi ini menjadi tanggung jawab bersama," ungkap Sentosa.

"Harus ada kesadaran kolektif, ada partisipatif dari masyarakat yang secara sadar dan penuh tanggungjawab mendukung aktifitas pengelolaan lingkungan. Dikalangan ASN (Aparatur Sipil Negara) didukung lewat program Karya Bhakti yang dilaksanakan dua kali sepekan yakni setiap hari Selasa dan Jumat," sambung Sentosa.

Sementara dari sisi layanan masyarakat, Pemerintah Kecamatan Baruga terus mendorong penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan sarana dan prasaran kecamatan.

"Peningkatan kompetensi pegawai itu penting. Kami terus memberikan motivasi kepada pegawai agar secara profesional memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Sentosa.

Menurutnya, harus ada kepastian layanan, keterbukaan dan terjangkau dan tepat waktu. Layanan publik harus berjalan sesuai norma dan ketentuan yang berlaku dan humanis dan dinamis dalam melaksanakan tugas.

Camat Baruga Sentosa memaparkan potensi yang dimiliki kecamatan Baruga. Misalnya dari sektor pertanian, Kecamatan Baruga memiliki puluhan hektar kawasan perusahan ratusan hektar yang terletak di kawasan Amohalo, Kelurahan Baruga.

"Kecamatan Baruga memiliki potensi pertanian yang sangat baik. Ada kawasan penghasil beras yang bisa mendukung ketahanan pangan daerah. Insyah Allah dibawah kepemimpinan Pj Wali Kota Muhammad Yusup potensi ini kita maksimalkan untuk kemakmuran masyarakat," pungkas Sentosa. (ags/b)

  • Bagikan