13 Mahasiswa IAIN Kendari Juara Nasional

  • Bagikan
Mahasiswa IAIN Kendari yang berhasil meraih juara di ajang nasional. (IAIN KENDARI)
Mahasiswa IAIN Kendari yang berhasil meraih juara di ajang nasional. (IAIN KENDARI)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Patut diacungi jempol, 13 Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari berhasil meraih juara di ajang tingkat nasional dalam berbagai bidang sesuai dengan keahlian masing-masing. Keberhasilan tersebut membuka jalan pengakuan dan peluang di masa depan, baik itu mahasiswa maupun institusi.

Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Kendari, Dr. Jumarddin La Fua, M.Si., mengatakan bahwa IAIN dari berbagai daerah telah menorehkan prestasi membanggakan di tingkat nasional dalam berbagai bidang. “Prestasi yang mereka torehkan ini, mengukir nama mereka dan institusi pendidikan di peta prestasi Indonesia,” ujarnya.

Adapun mahasiswa yang telah meraih juara, yakni pertama, Widia Fajeria mahasiswi program studi Ilmu Alquran dan Tafsir, berhasil meraih juara 1 tilawah pada Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) oleh RRI dan siap bersaing di tingkat nasional pada PTQ tahun 2024 di Yogyakarta. Kedua, Haslinda program studi Ilmu Alquran, MTQ ke30 tingkat Kota Kendari cabang lomba tilawah dewasa. Tiga, Ahmad program studi Ilmu Alquran juara 1 tilawah remaja putra di MTQ Kabupaten Kolaka Utara. Empat, Agustiana Amanda Putri kategori karya tulis ilmiah Al-Quran di MTQ ke-17 Kabupaten Kolaka Utara. Lima, Kasmulyadi Agsa program studi Tadris Fisika raih medali emas pada Indonesian Science Olympiad.

Selanjutnya, enam, Nelsa Januarti di cabang kaligrafi Kontemporer. Tujuh, Widia Fajeriah di tilawah remaja putri. Delapan, Putri Fahmi Aprilia sebagai bintang vokalis dan juara III tilawah. Sembilan, Muhammad Nabil dalam kaligrafi hiasan Mushaf. Sepuluh, Nur Aeni Putri Gaffar PTQ RRI Sultra. Sebelas, Hafidz Abdillah di PTQ RRI Sultra. Dua belas, Syahrion menjuarai lomba pop solo religi dan Nurcahaya berhasil menerbitkan buku antologi belajar mengikhlaskan dengan merangkai jalan kehidupan. “Sebuah pencapaian luar biasa yang menunjukkan keterampilan menulis dan pemikiran kritis,” ungkap Jumarddin.

Ia menjelaskan, bahwa IAIN Kendari telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam memfasilitasi dan mendorong mahasiswanya untuk terus berprestasi di ajang nasional. “Prestasi-prestasi ini tidak hanya membuktikan keunggulan individu-individu terlibat tetapi juga menegaskan komitmen dan kualitas pendidikan di IAIN dalam mengasah bakat dan kompetensi mahasiswanya,” jelasnya.

Keberhasilan mahasiswa IAIN Kendari di ajang nasional ini membuka jalan untuk lebih banyak pengakuan dan peluang di masa depan, baik untuk mahasiswa maupun institusi yang mereka wakili.

“Selain itu, Pembinaan yang dilakukan oleh IAIN Kendari tidak terbatas hanya pada aspek akademik, tetapi juga pengembangan karakter dan kompetensi lain yang mendukung kesuksesan mahasiswa di berbagai ajang. Institusi ini berperan penting dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi individu yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik tetapi juga memiliki integritas dan kemampuan untuk berkontribusi pada masyarakat,” tutupnya. (win/b)

  • Bagikan