CoC Asah Kemampuan Siswa dan Mahasiswa

  • Bagikan
Foto bersama peserta CoC Festival usai pembukaan kegiatan. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)
Foto bersama peserta CoC Festival usai pembukaan kegiatan. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Halu Oleo (FMIPA UHO) kembali menggelar Colour Of Chemistry (CoC) Festival. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa dan mahasiswa di bidang sains.

Ketua Jurusan Kimia FMIPA UHO, La Ode Ahmad, S.Si., M.Si., mengatakan bahwa CoC Festival merupakan kegiatan yang diselenggarakan HMJ Kimia FMIPA UHO, dimana CoC Festival tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan.

“Kegiatan ini merupakan gabungan dari dua kegiatan yaitu Competition of Chemistry (Comic) Sains yang tahun ini sudah memasuki tahun ketujuh dan Science Project Competition (Injection) yang memasuki tahun keenam,” ujarnya.

Ahmad menjelaskan, bahwa Comic Sains merupakan lomba Kimia antar Siswa SLTA se-Sultra yang terdiri dari beberapa lomba yaitu Ranking 1, Poster, Film Pendek, Kompetisi Teori Kimia (KTK), Inovasi Kimia, Lomba Cepat Tepat Kimia (LCTK), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), dan Fotografi. “Adapun finalis tahun ini berasal dari MAN 1 Kolaka, MAN 1 Kendari, SMAN 1 Kendari, SMAN 3 Bombana, SMAN 1 Ladongi, SMAN 1 Tirawuta, MAN IC Kendari, SMAN 4 Kendari, SMAN 1 Napabalano, SMAN 2 Kendari, SMAN 1 Unaaha,” jelasnya.

Ia juga menerangkan, Injection adalah LKTI Mahasiswa Tingkat Nasional. Finalis tahun ini berasal dari Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Hasanuddin, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, dan Universitas Sebelas Maret. “Jadi kegiatan tahun sama seperti tahun lalu yakni skala tingkat nasional,” ungkapnya.

Ahmad menambahkan, bahwa sejak tahun 2023 kedua kegiatan ini digabung menjadi satu kegiatan yaitu CoC Festival.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah kemampuan siswa dan mahasiswa dalam bidang sains terutama kimia dan bidang lain yang terkait. Kedua, menjadi barometer efektivitas pembinaan lomba siswa dan mahasiswa. Kemudian, mengasah kemampuan mahasiswa Kimia dalam mengorganize event. Dan yang terkenal ajang sosialisasi Program Studi Kimia FMIPA UHO. “Kegiatan ini akan berlangsung selama 6 hari terhitung sejak Senin 4 hingga 9 Maret mendatang. Kita berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan kita,” pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan