Unsultra Siapkan Kuota 1.350 Maba

  • Bagikan
Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., saat prosesi pemindahan tali toga wisudawan/wisudawati Unsultra, beberapa waktu lalu. (UNSULTRA FOR KENDARI POS)
Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., saat prosesi pemindahan tali toga wisudawan/wisudawati Unsultra, beberapa waktu lalu. (UNSULTRA FOR KENDARI POS)

-- Pendaftaran Dibuka Februari 2024

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) telah membuka pendaftaran Mahasiswa Baru (Maba) sejak 1 Februari 2024 lalu. Kali ini, kampus merah maron tersebut menyiapkan kuota kurang lebih 1.350 Maba yang tersebar pada program sarjana dan pascasarjana.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., mengatakan bahwa saat ini Unsultra telah membuka pendaftaran penerimaan calon mahasiswa baru untuk tahun akademik 2024 sejak 1 Februari 2024.

"Melihat pengalaman tahun lalu, tahun ini Unsultra menargetkan 1.350 Maba yang tersebar pada program sarjana dan Pascasarjana Universitas," ungkapnya.

Prof Andi Bahrun juga menyebut, bahwa berdasarkan pengalaman tahun lalu, pendaftaran mahasiswa baru cukup banyak dan yang berhasil diterima di Unsultra mencapai 1.100 orang. "Alhamdulillah setiap tahun pendaftaran mahasiswa baru di Unsultra mengalami peningkatan. Tahun ini ada penambahan jumlah tenaga pengajar dan juga penambahan satu gedung perkuliahan berlantai dua. Sehingga Unsultra tahun ini menyiapkan kuota mahasiswa baru sekitar 1350 orang," ucapnya.

Adapun mekanisme pendaftaran mahasiswa baru tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni dilakukan secara online dan offline yang dibagi dua gelombang. Pendaftaran gelombang I dimulai 1 Februari hingga 20 Mei 2024 dan gelombang II 21 Mei hingga akhir Agustus 2024. Unsultra juga menyediakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi mereka yang sudah bekerja dan memiliki rekam jejak kegiatan/aktivitas.

"Pengalaman kerja, menjabat jabatan tertentu dan bukti dokumen rekam jejak kegiatan akan menentukan jumlah SKS yang di rekognisi. Melalui program RPL ini seseorang dapat menyelesaikan studi dalam waktu singkat bagi mereka yang memiliki pengalaman kerja dan rekam jejak aktivitas yang cukup banyak dan berkualitas. Semoga Unsultra tahun ini kembali mendapatkan mahasiswa yang memiliki semangat juang, punya minat, bakat, multitalenta, memiliki jiwa kewirausahaan dan kepemimpinan," jelas Mantan Ketua Universitas Terbuka Kendari ini.

Ia pun menambahkan, bahwa mempersiapkan mahasiswa lulusan yang adaptif, inovatif, kolaboratif dan punya literasi digital yang mumpuni Unsultra terus berinovasi dan memperluas jejaring kerjasama sama dengan berbagai pihak baik dalam dan luar negri. Saat ini Unsultra sedang dan terus menggelorakan program internasionalisasi dan digitalisasi Unsultra. Unsultra saat ini memiliki fasilitas yang dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa, diantaranya asrama mahasiswa pemimpin masa depan, fasilitas pembelajaran berbasis digital seperti Spada, laptop dan tablet merah putih serta belum lama ini kita dapat bantuan dari Kemdikbudristekdikti yakni Smart Teaching yang bertujuan untuk semakin menunjang dan meningkatkan kualitas pembelajaran digital di Unsultra.

"Kita juga baru meresmikan International Hub dan tahun 2023 juga kita sudah mulai membangun GOR untuk mendukung kegiatan minat dan bakat mahasiswa serta event akademik dan nonakademik secara bertahap. Semoga GOR ini tidak lama lagi bisa selesai, mohon doa sivitas akademika dan masyarakat," tutup Prof. Andi Bahrun. (win/b)

  • Bagikan