Prodi Kesmas Target Akreditasi Unggul

  • Bagikan
Mahasiswa FKM UHO tengah mengikuti praktikum epidemiologi. (FKM UHO for Kendari Pos)
Mahasiswa FKM UHO tengah mengikuti praktikum epidemiologi. (FKM UHO for Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sejak tahun 2023 Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo (FKM UHO) telah mempersiapkan akreditasi. Teranyar, fakultas tersebut akan dilaksanakan asesmen lapangan oleh tim asesor akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Dekan Kesmas UHO, Dr. Suhadi, S.KM., M.Kes., mengatakan bahwa sejak tahun lalu pihaknya sudah membentuk tim penyusun borang atau akreditasi. Sehingga persiapan akreditasi saat ini sudah mencapai 100 persen. “Jauh hari sebelum asesmen lapangan itu kita sudah bentuk timnya. Hingga saat ini persiapan kita sudah mencapai 100 persen,” ungkapnya.

Dr. Suhadi menjelaskan, bahwa dalam waktu dekat ini tepatnya di 22 Februari 2024 mendatang FKM UHO khususnya Prodi Kesmas akan dilakukan asesmen lapangan terkait akreditasi. “Prodi Kesmas akan dilakukan asesmen lapangan. Mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang kita harapkan. Pasalnya jauh hari sebelumnya kita sudah persiapkan segala sesuatunya,” bebernya.

Sejak tahun lalu, pihaknya sudah membentuk tim yang mana tim tersebut tengah menyiapkan dokumen untuk mendukung proses akreditasi dari Prodi Kesmas UHO. "Kita menyiapkan seluruh aspek Tridharma agar bisa mendukung akreditasi. Di FKM UHO ada tiga prodi yakni S1 Prodi Kesmas, S2 Prodi Kesmas dan Prodi Gizi. Tentunya kita berharap Prodi tersebut dapat meraih akreditasi unggul sesuai dengan apa yang kita harapkan. Untuk Prodi Kesmas sendiri akreditasinya sudah baik sekali, dan kita berharap agar meraih unggul,” ucapnya.

Ia menuturkan, standar kenaikan akreditasi juga dilihat dari sarana dan prasarana yang disediakan, terutama yang menunjang kegiatan dan proses pembelajaran. Laboratorium yang lengkap, fasilitas gedung dan ruang belajar yang memadai dan dukungan fasilitas perpustakaan. “Fungsi akreditasi pergiruan tinggi dan Prodi juga diperlukan sebagai syarat umum dalam melamar pekerjaan di institusi pemerintahan. Itulah mengapa akreditasi sangat penting," tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa akreditasi prodi merupakan bagian terpenting. Sebab akreditasi menjadi ukuran kualitas dan kinerja program studi. “Adanya akreditasi, prodi akan mendapat pengakuan akreditasi akan menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa baru untuk menempuh pendidikan perguruan tinggi,” tandas Dr. Suhadi. (win/b)

  • Bagikan