Aspek Sikap jadi Prioritas Penilaian Mahasiswa

  • Bagikan
Suasana pelaksanaan upacara peringatan Kesadaran Nasional lingkup kampus, di Lapangan Upacara Rektorat UHO, pada Senin (19/2/). (Nasional Humas UHO for Kendari pos)
Suasana pelaksanaan upacara peringatan Kesadaran Nasional lingkup kampus, di Lapangan Upacara Rektorat UHO, pada Senin (19/2/). (Nasional Humas UHO for Kendari pos)

--UHO Peringati Hari Kesadaran Nasional Humas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- U niversitas Halu Oleo (UHO) menggelar upacara Peringatan Kesadaran Nasional pada Senin (19/2) lalu di pelataran Rektorat kampus tersebut. Saat memimpin Upacara, Wakil Rektor Bidang Akademik UHO, Dr. La Hamimu, mengingatkan kembali pentingnya tiga aspek penilaian atas mahasiswa.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penilaian mahasiswa, yakni sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Ketiga aspek ini sangat penting dalam proses penilaian mahasiswa,” ujarnya saat menjadi pembina upacara peringatan kesadaran nasional di lapangan Rektorat UHO.

Ia menjelaskan, bahwa dirinya memberikan penekanan khusus kepada aspek sikap. Menurutnya, meski mahasiswa memiliki nilai yang tinggi pada keterampilan dan pengetahuan. Seorang dosen harus dapat untuk mempertimbangkan kembali nilai tersebut jika menemukan aspek sikap yang rendah dari mahasiswa. “Secara umum, Indek Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa dan alumni UHO sudah cukup memuaskan, namun di masyarakat aspek sikap tetap menjadi acuan penilaian kepada luaran UHO,” jelasnya.

Dr. La Hamimu juga menyebut, dengan begitu UHO akan menciptakan mahasiswa atau alumni yang tidak hanya mempunyai kompetensi. Tetapi juga mempunyai sikap yang bagus. “Kita berupaya untuk menciptakan mahasiswa yang tidak hanya unggul dalam prestasi maupun kompetisi lainnya. Tetapi juga unggul dalam sikap,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, bahwa kebijakan universitas yang melakukan penambahan jam dan frekuensi layanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa. “Kebijakan ini dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan Test of English as a Foreign Language (TOEFL) khususnya bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan studi di UHO,” pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan