Alumni UT Kendari Harus Mampu Berkompetisi

  • Bagikan
Suasana Wisuda UT di Hotel Claro Kendari, Senin (19/2). (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)
Suasana Wisuda UT di Hotel Claro Kendari, Senin (19/2). (Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Alumni Universitas Terbuka (UT) harus mampu berkompetisi sesuai dengan bidang keahlian. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Universitas Terbuka (UT) Kendari, Anfas, S.T., M.M., saat mewisuda 450 wisudawan/ wisudawati yang berasal dari seluruh pelosok 17 kabupaten/ kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Direktur UT Kendari, Anfas, S.T., M.M., mengatakan bahwa kali ini UT Kendari menelorkan 450 wisudawan/wisudawati dari empat Fakultas yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Pascasarjana. Dengan raihan gelar yang mereka dapat saat ini diharapkan alumni UT dapat berkompetisi sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

“Saya harap setelah mereka diwisuda hari ini, mereka dapat berkontribusi untuk daerah minimal untuk keluarga dan diri pribadi mereka masing-masing,” ujarnya.

Anfas menjelaskan, dengan sistem belajar jarak jauh, UT diamanatkan pemerintah agar bisa ke pelosok yang ada di Sultra. “Saat ini UT Kendari sudah mempunyai 46 Program Studi (Prodi) dengan jumlah siswa kurang lebih 4.100. Untuk itu kami harapkan kepada semua masyarakat agar memanfaatkan UT Kendari untuk menempuh pendidikan dan meningkatkan kompetensi agar bisa lebih berdaya saing,” jelasnya.

Rektor UT dalam hal ini diwakili oleh Dr. Subekti Nurmawati selaku Dekan Sains dan Teknologi UT mengungkapkan bahwa UT adalah pengurangan tinggi ke 21 yang sudah mempunyai modal sebagai perguruan tinggi yang berbadan hukum. “Pemerintah telah memberikan rekognisi bahwa kedudukan UT sudah setara dengan perguruan tinggi lainya seperti UI, ITB dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Dengan kedudukan tersebut, kata Subekti, tentu dapat memperkuat alumni-alumni UT. “Di Sultra memiliki potensi untuk bisa mengembangkan dan menyampaikan kepada masyarakat. Tentunya kami berharap jumlah mahasiswa UT di Kendari terus meningkat mengingat Sumber Daya Manusia (SDM) itu semakin kuat. Sekedar informasi jumlah mahasiswa UT SE Indonesia yakni 525.340,” katanya.

Sementara, Ahmad Irawan Prodi Ilmu Hukum yang merupakan wisudawan terbaik menerangkan bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjadi wisudawan terbaik yakni ibadah, semangat, tanamkan motivasi dalam diri dan tingkatkan proses belajar. “Sebenarnya saya tidak menyangka akan meraih predikat ini dan bisa bersaing dengan mahasiswa dari 17 kabupaten lainya. Allhamdulillah senang sekali,” terangnya.

Laki-laki kelahiran Muna itu menambahkan bahwa dirinya menempuh pendidikan selama 4 tahun dengan IPK 3,94. Bahkan Ahmad mengaku, UT Kendari sendiri selalu memberikan kemudahan bagi mahasiswanya. "Pihak kampus sendiri selalu memberi kemudahan untuk kami, sehingga kami tidak menemui kendala dalam menyelesaikan pendidikan kami," pungkas Ahmad. (win/b)

  • Bagikan