Andi Nirwana Mengabdi untuk Sultra

  • Bagikan
Anggota DPD RI 2019-2024 / Caleg DPD RI 2024-2029, Andi Nirwana Sebbu (ANS)
Anggota DPD RI 2019-2024 / Caleg DPD RI 2024-2029, Andi Nirwana Sebbu (ANS)

--Menjembatani Aspirasi Masyarakat di Senayan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Anggota DPD/MPR RI periode 2019-2024, Andi Nirwana Sebbu (ANS) tertekad melanjutkan pengabdiannya untuk Sultra di Senayan (Gedung DPD/DPR RI). Andi Nirwana adalah srikandi Sultra di parlemen Senayan. Hampir 5 tahun, ia berkarya untuk masyarakat Sultra. Dalam Pemilu 2024, Andi Nirwana kembali membidik kursi di Senayan untuk menyuarakan aspirasi masyarakat dan demi kemajuan pembangunan Sultra.

Jauh sebelum genderang tahapan Pemilu 2024 ditabuh, Andi Nirwana intens menyapa masyarakat Sultra dalam tugas-tugas legislasinya. Baik masa reses maupun sosialisasi 4 pilar kebangsaan.

Tanggung jawab yang diamanahkan masyarakat Sultra kepada Andi Nirwana sebagai wakil di parlemen di implementasikan dengan baik lewat karya dan kinerja yang cemerlang. "Bagi saya, amanah yang melekat menjadi sebuah kesempatan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat," ujar Andi Nirwana kepada Kendari Pos, Senin (29/1/2024).

Perempuan berhijab kelahiran Watampone, 28 Mei 1970 ini dikenal sebagai sosok yang sederhana. Ia tak pernah membatasi diri bergaul dengan kalangan wong cilik. Andi Nirwana juga tak segan turun ke lapangan bertemu langsung dengan warga Sultra dari berbagai kalangan.

Saat ini Andi Nirwana duduk di Komite I DPD RI, sejak September 2022. Komite I DPD RI bermitra dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan HAM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kejaksaan Agung RI, Polri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Sejak berada di Komite I, Andi Nirwana fokus mengawal, mengawasi dan menyerap aspirasi masyarakat yang ada dakan mitra kerjanya. "Salah satunya menyampaikan aspirasi masyarakat Sultra untuk disampaikan ke Kemendagri RI, terkait dugaan pelanggaran dalam pelantikan pejabat administrator dan pengawas di lingkup Pemda yang ada di Sultra," jelas Andi Nirwana.

Sebelumnya, ketika masih berada di Komite III DPD RI, Andi Nirwana juga aktif melakukan pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang (UU). Diantaranya, UU tentang sistem keolahragaan nasional yang berkaitan dengan atlet, pengembangan fasilitas sarana dan prasarana olahraga serta pembinaan dan pengembangan potensi kepemudaan di daerah.

Selain itu, dirinya juga fokus melakukan pengawasan yang berkaitan dengan UU tentang penyandang disabilitas, UU sistem pendidikan nasional terkait kebijakan program pendidikan pada masa pandemi hingga seabrek peran sesuai dengan tupoksinya saat menjabat anggota Komite III DPD RI.

“Sebagai jembatan aspirasi masyarakat, saya wajib menyampaikan aspirasi dan bentuk keresahan masyarakat kepada pemerintah pusat melalui kementerian yang menjadi tupoksi saya di DPD RI,” imbuh Andi Nirwana.

Karena telah berkomitmen sebagai jembatan aspirasi masyarakat Sultra, perempuan peraih penghargaan Satya Lancana dari Presiden RI Jokowi ini kembali maju sebagai caleg DPD RI Dapil Sultra untuk periode 2024-2029.

"Jalur politik saya pilih untuk mengabdikan diri kepada daerah dan rakyat di Sultra," tutupnya. (idh/b)

  • Bagikan