Rp 38,7 Miliar Sukseskan Pemilu Serentak

  • Bagikan
Mahmud
Mahmud

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) memerlihatkan dukungannya untuk menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Salah satu kebijakan yang dilakukan adalah dengan menghibahkan sebagian anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk perhelatan pesta demokrasi tersebut hingga Rp 38,7 milliar.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Konkep, Mahmud, mengatakan, alokasi anggaran disalurkan pada empat lembaga terkait, mulai dari Komis Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu dan untuk aparat keamanan dari TNI serta Polri. “Pengalokasian anggaran untuk Pemilu serentak ini merupakanamanat undang-undang yang harus dipatuhi setiap Pemerintah Daerah. Makanya Pemkab Konkep mengalokasikan anggaran Pemilu untuk KPU sebesar Rp 23,5 miliar dan Bawaslu Rp 8 milliar,” rinci, Mahmud kemarin.

Selain itu Pemkab juga mengalokasikan anggaran untuk pihak keamanan dari unsur Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia. “Untuk menjamin terjaganya keamanan dan kondusifitas ditengah-tengah masyarakat selama berlangsungnya penyelenggaraan Pemilu serentak, Pemkab Konkep juga mengalokasikan anggaran bagi pihak keamanan. Untuk pihak Polresta Kendari sebesar Rp 6,033 miliar dan Korem 143 Haluoleo Rp 1,250 miliar,” sambung Mahmud.

Mantan Asisten Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Setkab Konkep itu mendorong agar anggaran yang telah digelontorkan dapat digunakan semaksimal dan sebaik-baiknya. “Semoga penyelenggaraan pesta demokrasi ini dapat berjalan sesuai jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan,” ungkapnya. Selain itu Mahmud juga mengharapkan agar masyarakat dapat berpartisipasi secara maksimal dalam Pemilu serentak 2024 ini. Sebab dari tangan masyarakatlah akan menentukan siapa pemimpin terbaik untuk negara dan daerah ini untuk lima tahun ke depan.

“Harapan kita pemilihan berlangsung secara aman, damai, jujur, netral dan berkeadilan. Selain itu kita juga berharap agar partisipasi pemilih semakin meningkat. Nasib daerah ini untuk lima tahun kedepan ditentukan dari tangan masyarakat,” ulangnya, menegaskan. (c/jib)

  • Bagikan