Andi Nirwana Perempuan Inspiratif Bombana

  • Bagikan
Anggota DPD RI Andi Nirwana Sebbu (kanan) menerima piagam penghargaan sebagai perempuan inspiratif Bombana dari Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto (kiri) pada acara peringatan Hari Ibu, Rabu (20/12/2023). (MASLINDAH ALI / KENDARI POS)
Anggota DPD RI Andi Nirwana Sebbu (kanan) menerima piagam penghargaan sebagai perempuan inspiratif Bombana dari Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto (kiri) pada acara peringatan Hari Ibu, Rabu (20/12/2023). (MASLINDAH ALI / KENDARI POS)

--Pj Bupati Anugerahkan Penghargaan pada Peringatan Hari Ibu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Peringatan Hari Ibu di Bombana, kemarin menjadi momentum istimewa bagi anggota DPD RI Andi Nirwana Sebbu (ANS). Istri mantan Bupati Bombana, Tafdil itu meraih penghargaan sebagai perempuan inspiratif Bombana tahun 2023. Penghargaan diserahkan Penjabat (Pj) Bupati Bombana Edy Suharmanto dalam peringatan Hari Ibu yang dirangkaikan HUT ke-24 Dharma Wanita Persatuan (DWP), Rabu (20/12/2023).

Perempuan inspiratif Bombana yang disematkan kepada Andi Nirwana tidaklah berlebihan. Sederet jabatan penting pernah diembannya sebagai legitimasi atas penghargaan perempuan inspiratif. Dalam kapasitas sebagai seorang ibu, istri dan wanita karier telah ditunaikannya secara paripurna. Andi Nirwana juga tampil sebagai figur publik dengan sederet posisi penting pernah diemban dalam pengabdiannya di ranah sosial.

Ketika mendampingi sang suami, Tafdil sebagai Bupati Bombana kala itu, Andi Nirwana sebagai Ketua TP PKK Bombana (2011-2022) dan Ketua Dekranasda Bombana (2011-2022). Sebagai kader PAN, Andi Nirwana mengabdi sebagai anggota DPRD Bombana (2014-2019), lalu memilih jalur independen pada Pemilu 2019 dan duduk sebagai anggota DPD RI di Senayan.

Andi Nirwana pernah mengemban amanah sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Bombana. Sederet jabatan lainnya pernah ada dipundaknya, yakni Ketua Satgas PPPA Bombana (2019-2022), Ketua DPD LASQI Bombana (2011-2022), Bunda PAUD (2019-2022), dan Bunda Genre Bombana.

Andi Nirwana Sebbu mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepadanya. Menunaikan peran sebagai seorang ibu adalah tugas mulia, sekaligus bukan hal yang mudah. Sebab, seorang ibu punya tanggung jawab besar dalam keutuhan rumah tangga, yang di dalamnya ada figur-figur masa depan bangsa (anak-anak). Tugas seorang ibu semakin bertambah jika dipercaya menjalankan peran ganda sebagai wanita karier.

"Ibu merupakan figur yang sangat mulia dan mempunyai kasih yang tak pernah ada habisnya baik dalam keluarga maupun sosial kemasyarakatan. Saya sebagai seorang ibu, istri sekaligus menjalankan tugas negara di DPD RI, dengan kesibukan yang luar biasa, sebisa mungkin saya dapat membagi waktu agar semuanya berjalan seimbang, tanpa mengesampingkan satu sama lain," ujar Andi Nirwana Sebbu di Aula Tanduale Kantor Bupati Bombana, Rabu kemarin.

Kendati sibuk dengan tugas-tugas di DPD RI, Andi Nirwana tetap menyadari kodratnya sebagai seorang ibu dan istri bagi suami. Untuk itu, ia terus menanamkan prinsip dalam dirinya bahwa, setinggi apapun karier seorang perempuan, ia tetap harus mendidik anak-anaknya dengan bijaksana, menaati dan menghormati suami.

"Saya berpesan kepada para ibu-ibu muda, khususnya di Bombana, setinggi apapun karier kita, sehebat apapun pekerjaan kita, seorang istri harus tetap wajib menghormati dan berbakti kepada suami," pungkas Andi Nirwana.

Sementara itu, Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto mengatakan peringatan Hari Ibu kali ini, merupakan momentum Pemkab Bombana untuk mengapresiasi peran perempuan Indonesia, khususnya di Kabupaten Bombana. Peran, dedikasi, dan kontribusinya bagi kelurga, masyarakat, bangsa dan negara di bidang masing-masing patut diberi apresiasi.

"Peringatan Hari Ibu ini tidak hanya menjadi momen penghormatan saja. Tetapi mengingatkan kita akan peran vital ibu dalam membentuk pemimpin-pemimpin masa depan. Karena sesungguhnya, keberhasilan seorang anak merupakan bukti nyata kecerdasan dan keteladanan seorang ibu yang tanpa letih membimbing anak-anaknya menuju puncak kesuksesan," ujar Pj Bupati Edy Suharmanto, kemarin.

Untuk itu, pejabat kelahiran Bima itu berharap agar seluruh perempuan Bombana dapat terus mengisi dan memberi warna tersendiri bagi pembangunan daerah, melalui peran dan karya nyatanya.

Setiap wanita bisa menjadi seorang ibu, tapi dibutuhkan seseorang yang spesial untuk dipanggil ibu. Selamat hari ibu untuk seluruh perempuan di Indonesia," imbuh Pj Bupati Edy Suharmanto.

  • Bagikan