Inventarisasi Potensi dan Promosi, Pacu Minat Investasi

  • Bagikan
PROMO POTENSI : suasana seminar akhir penyusunan strategi promosi penanaman modal untuk mendorong peningkatan minat investasi yang dihelat pihak dMP-PtsP kota baubau. (DISKOMINFO KOTA BAUBAU FOR KENDARI POS)
PROMO POTENSI : suasana seminar akhir penyusunan strategi promosi penanaman modal untuk mendorong peningkatan minat investasi yang dihelat pihak dMP-PtsP kota baubau. (DISKOMINFO KOTA BAUBAU FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Potensi dan peluang investasi yang ada di Kota Baubau perlu dikemas secara sistematis dan informatif. Dengan begitu, akan semakin menarik minat para pelaku usaha untuk turut menanamkan andilnya di daerah tersebut. Strategi promosi investasi diharapkan mampu menjabarkan jumlah, jenis, sektor dan lokasi suatu unit investor apa saja yang ada di Kota Baubau. Caranya dengan memaksimalkan dukungan kemudahan informasi, teknologi dan jaringan transportasi.

Paparan tersebut disampaikan Pj Wali Kota Baubau, Dr. Muh. Rasman Manafi, melalui Asisten II Setkot, Hj. Asmahani, M.Si, dalam seminar akhir penyusunan strategi promosi penanaman modal. “Dengan adanya dokumen penyusunan strategi promosi penanaman modal, maka dapat mendorong peningkatan minat investasi dan penyediaan sarana, sesuai amanat Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal nomor 3 tahun 2019 tentang pedoman dan tata cara promosi,” jelas Asmahani, kemarin.

Diharapkan, aktivitas investasi di Kota Bau-bau mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, membuka lapangan pekerjaan baru, pemerataan ekonomi yang berkelanjutan serta memerhatikan kondisi lingkungan sekitar. Itu tentu harus dimulai dengan menginventarisasi potensi dan peluang daerah terkait sumber daya alam, sosial politik, budaya dan ekonomi di tingkat lokal. Kemudian merencanakannya secara strategis untuk pengembangan investasi.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Baubau, Suarmawati, M.Si., mengakui, seminar akhir penyusunan strategis penanaman modal akan menjadi rujukan dalam melakukan promosi investasi, baik skala lokal, regional, nasional hingga internasional.

“Dalam dua tahun terakhir, kami telah menyusun rencana umum penanaman modal (RUPM). Kemudian 2023 ini juga, kami telah menyusun peta peluang investasi, sehingga potensi-potensi yang ada di Kota Baubau ini sudah termuat dalam dokumen tersebut,” ungkap Suarmawati. Namun yang paling penting adalah bagaimana mempromosikan potensi-potensi yang sudah ada. Sebab setiap tahun, target investasi yang diberikan Pemkot Baubau terus bertambah. (c/lyn)

  • Bagikan