136 Atlet dari 26 Cabor Lolos PON

  • Bagikan
Ketua KONI Sultra Alvian mengibarkan bendera KONI tanda melepas atlet dari empat cabor untuk bertarung di pra-PON XXI.
Ketua KONI Sultra Alvian mengibarkan bendera KONI tanda melepas atlet dari empat cabor untuk bertarung di pra-PON XXI.

--Atlet Empat Cabor Diberangkatkan Tarung Pra-PON XXI

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendukung para atlet yang masih berlaga dalam Pra-PON agar bisa berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara. Sebelumnya, KONI melepas atlet dari empat Cabang Olahraga (Cabor) secara bertahap. Mereka diberangkatkan mulai dari September hingga Oktober 2023 untuk mengikuti Pra-PON. Berdasarkan data sementara per November ini, setidaknya, 26 Cabor dengan 136 atlet dinyatakan lolos dan akan mewakili Sultra dalam PON XXI 2024.

Atlet pencak silat yang dilepas pada 9 September.

Sekretaris Umum KONI Sulawesi Tenggara, Elvis Basri Uno mengatakan hingga saat ini sudah terdaftar 136 atlet dari 26 cabor yang lolos untuk mewakili Sultra dalam ajang PON nanti. “Tetapi jumlah ini kemungkinan masih akan bertambah, sebab beberapa Cabor masih ada yang bertanding,”kata Alvis.

Atlet Kick Boxing yang dilepas pada 14 Oktober.

Ia berharap atlet di Sultra dapat mengembalikan kejayaan provinsi yang pernah diraih pada PON XIX Jawa Barat 2016, dan PON XX Papua 2021. Kala itu, atlet mampu menyumbangkan masing-masing 14 medali. “Namun medali emas terbanyak disumbangkan pada PON XIX Jawa Barat sebanyak enam medali emas, empat perak dan empat perunggu. Sementara pada PON XX Papua medali yang disumbang yakni lima medali emas, empat medali perak dan lima medali perunggu. Kita berharap prestasi ini bisa ditingkatkan atau minimal dipertahankan,”ucapnya.

Atlet taekwondo yang dilepas pada 23 Oktober 2023.

Ia menekankan pentingnya atlet dan ofisial menjaga kekompakan dan kebersamaan. Termasuk dukungan penuh dari stakeholder dan pelaku olahraga. Dengan jadwal keberangkatan yang telah ditentukan sejak September hingga Oktober lalu, para atlet dari Cabor Taekwondo, Catur, Kick Boxing, dan Pencak Silat diharapkan dapat menyumbang prestasi dan memastikan keikutsertaan Sultra di PON Aceh- Sumatera Utara.

Cabor Bulutangkis
Atlet catur yang dilepas pada 22 Oktober 2023.

“KONI Sultra tentu akan memberikan dukungan penuh kepada para atlet yang berlaga dalam Pra-PON, dan berharap mereka memberikan yang terbaik untuk memastikan kelolosan di event utama,”harapnya. (rah/adv)

  • Bagikan