SDN 2 Kendari Sukses Gelar ANBK

  • Bagikan
Suasana ANBK di SDN 2 Kendari. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)
Suasana ANBK di SDN 2 Kendari. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- SDN 2 Kendari beberapa waktu lalu telah menyelenggarakan Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Penyelenggaraan ujian berbasis komputer di sekolah yang dinahkodai Djasni, S.Pd., M.Pd., terkendala dengan jaringan.

Kepala SDN 2 Kendari, Djasni, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa mlMinggu lalu sekolah yang dipimpinnya telah mengikuti ANBK, dalam kesempatan tersebut pihaknya mendapatkan kendala di jaringan hanya saja masih bisa ditangani.

“Alhamdulillah sekolah kami gelombang pertama yang menyelenggarakan ANBK sehingga kami tidak terkendala dengan pemadaman listrik. Tetapi kita ada kendala sedikit yakni jaringan. Namun masih bisa kita atasi, karena jauh sebelum pelaksanaan kita sudah sediakan tiga orbit untuk mengantisipasi hal tersebut,” ujarnya.

Djasni menjelaskan, bahwa menariknya dalam ANBK di SDN 2 Kendari ada tim monev dari Kemdikbudristekdikti yang langsung turun mengecek di lapangan khususnya di SDN 2 Kendari. “Dari sejak pagi tim monev dari pusat sudah ada di sekolah untuk memantau langsung kegiatan ANBK di sekolah kami,” jelasnya.

Ia pun menyebut, bahwa untuk siswa yang mengikuti kegiatan tersebut ada siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. “Kegiatan dua hari dan dilakukan selam dua sesi, hari pertama itu literasi dan hari kedua itu numerasi,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa ANBK memiliki tujuan untuk mengukur kompetensi dasar dan kompetensi khusus siswa sesuai dengan kurikulum merdeka. “Dengan begitu kita dapat mengetahui sejauh mana kompetensi atau pemahaman siswa siswi,” tandas Djasni. (win/b)

  • Bagikan