Guru dan Siswa SD di Kota Kendari Dilatih Metode Pembelajaran Baru

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (kelima dari kanan) bersama jajaran sempatkan foto bersama siswa penerima beasiswa di Balai Kota Kendari, Kamis (26/10/2023). (Foto Agus Setiawan)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu membuka Pendidikan dan Pelatihan Matematika dengan Metode Gasing Bagi Guru dan siswa Sekolah Dasar (SD) di salah satu Hotel Kota Kendari, Kamis (26/10/2023).

Asmawa Tosepu mengungkapkan, metode pembelajaran gasing ini merupakan sebuah inovasi unggulan terbaru. “Sehingga sangat penting dilakukan, guna membentuk kemampuan peserta didik dan guru, dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar di Kota Kendari,” jelasnya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Prof. Yohanes Surya yang sudah menemukan suatu pola belajar bagi anak yang asyik, menyenangkan dan tidak jenuh. “Metode ini juga dapat memberikan lompatan untuk mengakselerasi peningkatan kompetensi numerasi para peserta didik,” ujarnya.

Pj Wali Kota juga berharap, peserta bisa berperan aktif dan mengambil manfaat dari kegiatan ini. “Sehingga kualitas kompetensi numerasi peserta didik bisa meningkat secara signifikan, dan mampu bersaing dan meraih prestasi dalam berbagai seleksi lokal maupun nasional,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Dikmudora Kota Kendari Hj.Saemina mengatakan, dengan adanya pelatihan ini maka, seluruh guru matematika yang ada di Kota Kendari akan terlatih. “Bisa bersama-sama berkolaborasi, untuk meningkatkan peningkatan mutu di numerasi kita yang ada di Kota Kendari,” jelasnya.

Saemina menambahkan, terkadang masyarakat membayangkan bahwa matematika itu merupakan momok yang sulit untuk kita pelajari. Padahal, Matematika bisa menjadi pelajaran yang menyenangkan. "Mudah-mudahan dengan adanya trainer dari yayasan teknologi Indonesia jaya ini, bisa membantu bagaimana kita bisa keluar dari momok tersebut. Sehingga pelajaran matematika ini bisa menjadi menyenangkan bagi kita semua terutama bagi para anak-anak kita,” tuturnya.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 15 hari, dan diikuti seluruh para guru dan peserta didik Sekolah Dasar se Kota Kendari. Pelatihan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan beasiswa miskin jenjang PAUD, SD, dan SMP tahun 2023. Pelatihan ini juga dihadiri, Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala, tim trainer dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya, dan beberapa Kepala OPD lingkup Kota Kendari. (ags/kn)

  • Bagikan