Luncurkan CSR, Kontribusi PT DSSP Power Kendari kepada Masyarakat

  • Bagikan
Proses belajar mengajar di perpustakaan panre dilao di Desa Wawatu, Kecamatan moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan.
Proses belajar mengajar di perpustakaan panre dilao di Desa Wawatu, Kecamatan moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- PT DSSP Power Kendari, perusahaan pembangkit listrik subsidiary dari PT Datang DSSP Power Indonesia dengan total kapasitas 2 x 50 MW. Sejak beroperasi secara komersil di tahun 2019, PT DSSP Power Kendari meluncurkan sejumlah program yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Direktur PT DSSP Power Kendari, Awi Kamaludin menjelaskan, program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh perusahaan adalah perwujudan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan serta komitmen perusahaan dalam menjalankan lini operasi bisnis dengan beretika, bertanggungjawab dan berkelanjutan.

“Kami memiliki program di bidang pendidikan bernama DSSP Bakti Pendidikan, kemudian di bidang lingkungan kami ada program DSSP Power Green Project, di bidang kesehatan kami berinama DSSP Ayo Ke Posyandu. Selain itu ada juga program-program pendampingan UMKM lokal” Kata Awi.

Program Bersih Pantai yang dilakukan PT DSSP Power Kendari di Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara bersama dengan aparat desa, TNIPolri dan masyarakat Desa Wawatu.

Awi menjelaskan, dari komitmen yang kuat tersebut, PT DSSP Power Kendari telah mendapatkan sejumlah penghargaan tingkat lokal dan nasional seperti Proper biru dari Kementerian Lingkungan Hidup, Penanggulangan HIV Aids dan Penanggulangan Covid dari Kementerian Tenaga Kerja, hingga perpustakaan terbaik nomor 5 di Indonesia untuk perpustakaan Panre Dilao yang didirikan oleh perusahaan. “Secara rutin juga kami menjalankan program-program sosial seperti pembagian sembako bagi masyarakat, pemberian hewan kurban dan buka puasa bersama” ungkapnya. (adv/ags).

SISIR PESISIR HINGGA RESTORASI KEHIDUPAN LAUT

Kerusakan terumbu karang di perairan laut Desa Tanjung Tiram dan Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara menjadi sorotan utama PT DSSP Power Kendari dalam memulai program restorasi kehidupan laut khususnya di wilayah perairan di dua desa tersebut.

PT DSSP Power Kendari bersama dengan klub selam Langkoe Diving Club (LDC) melakukan penelitian kondisi kehidupan bawah laut di area tersebut dan hasilnya, banyak terumbu karang yang hancur dikarenakan pengeboman yang dilakukan oleh oknum nelayan yang tidak bertanggung- jawab.

“Melalui program DSSP Power Green Project, pada tahun 2022 PT DSSP Power Kendari melakukan transplantasi terumbu karang di dua titik yakni desa Tanjung Tiram dan Desa Wawatu dengan menggunakan metode web spider dengan total cakupan area seluas 200 m2“ Kata IPP Plant Head PT DSSP Power Kendari, Hasmunir.

Pada tahun 2023, PT DSSP Power Kendari kemudian mengembangkan metode fish apartment dengan memanfaatkan limbah batu bara yang dicetak dan disusun melingkar hingga menjadi rumah baru bagi kawanan ikan. Sebanyak 100 fish apartment disusun di perairan desa Wawatu dengan cakupan area seluas 1962 m2 menjadikan lokasi tersebut sebagai titik transplantasi dengan metode fish apartment terluas di Sultra.

Tak hanya itu, PT DSSP Power Kendari juga melakukan penyemaian mandiri serta penanaman pohon Mangrove di sekitar wilayah operasional perusahaan sebanyak 10.000 pohon mangrove di tahun 2021 sebagai tahap awal dan berlanjut dengan penanaman 20.000 pohon mangrove di tahap kedua di tahun 2023.

“Atas komitmen yang besar tersebut, PT DSSP Power Kendari menjadi satu dari dua perusahaan yang ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk mewakili Sultra dalam program bersih-bersih pesisir pantai dalam memperingati hari lingkungan hidup dunia pada tahun 2023” lanjutnya.

Dengan melibatkan aparat desa, TNI-Polri, NGO serta masyarakat, PT DSSP Power Kendari berhasil melakukan pembersihan garis pantai sepanjang 535 meter yang sebagian diantaranya adalah pemukiman penduduk dan berhasil mengumpulkan 747 Kg sampah dalam waktu 1 Jam. (ags/adv).

HAPUSKAN BUTA HURUF, TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

PT DSSP Power Kendari meluncurkan program DSSP Bakti Pendidikan yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan seperti penghapusan buta huruf, serta mengajarkan masyarakat untuk menulis dan berhitung.

Untuk mempercepat target tersebut, perusahaan membangun perpustakaan terapung di dermaga Desa Wawatu yang diberi nama perpustakaan “Panre Dilao” atau yang berarti pintar di laut dalam Bahasa Bajo.

“Dalam perkembangannya, perpustakaan tersebut berhasil menjadi perpustakaan terbaik peringkat pertama di kabupaten Konawe Selatan, perpustakaan terbaik peringkat pertama di provinsi Sultra dan perpustakaan terbaik nomor 5 se-Indonesia” Kata Awi Kamaludin.

Proses belajar mengajar di perpustakaan panre dilao di Desa Wawatu, Kecamatan moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan.

Perpustakaan Panre Dilao kini memiliki ratusan koleksi buku, alat peraga pendidikan serta menjadi pusat berkumpul masyarakat desa Wawatu dan terbuka untuk umum. (ags/adv).

PRIORITASKAN TENAGA KERJA LOKAL

Program “Engineering Development Program” dan “Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik” dijalankan PT DSSP Power Kendari dalam merekrut putra putri lokal di Sultra untuk mengisi sejumlah posisi engineer dan asisten engineer.

Putra-putri lokal yang direkrut dalam program EDP dan PTPL tersebut nantinya akan dibekali pelatihan selama 1 tahun sebelum ikut terlibat langsung dalam proses pembangkitan listrik perusahaan. Untuk menjaring lulusan-lulusan terbaik, PT DSSP Power Kendari menjalin kerjasama dengan Universitas Halu Oleo dalam proses rekrutmen program tersebut.

Program ini telah berjalan sejak tahun 2016 dan lulusannya telah bekerja di unit usaha milik perusahaan dengan total jumlah lulusan sebanyak 191 orang lulusan yang telah menduduki posisi strategis di unit masingmasing.

PT DSSP Power Kendari sebagai pembangkit listrik dengan kapasitas terpasang terbesar di Sulawesi Tenggara akan senantiasa berperan dalam pengembangan ekonomi dan masyarakat di wilayah operasionalnya. “Kami terus berkomitmen untuk menyuplai kebutuhan listrik masyarakat melalui PT PLN secara berkelanjutan dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Kami juga akan terus berinovasi, dan mengembangkan teknologi di sektor pembangkitan tenaga listrik untuk mendukung dan mengawal pertumbuhan perekonomian di Sulawesi Tenggara” kata Awi. (ags/adv)

  • Bagikan