Asmawa Hibahkan Rp49,9 Miliar untuk Pemilu

  • Bagikan
Pj Wali Kota Asmawa Tosepu (duduk, 2 dari kanan) saat menghadiri apel pasukan pengamanan menjelang Pemilu 2024 yang digelar Polda Sultra di Mako Brimob, Selasa (17/10/2023), kemarin. (AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)
Pj Wali Kota Asmawa Tosepu (duduk, 2 dari kanan) saat menghadiri apel pasukan pengamanan menjelang Pemilu 2024 yang digelar Polda Sultra di Mako Brimob, Selasa (17/10/2023), kemarin. (AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

--Bentuk Dukungan Kelancaran Pesta Demokrasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemilihan Umum (Pemilu) tidak lama lagi digelar, sekira 3 bulan 28 hari lagi. Terhitung hari ini, 18 Oktober 2023 hingga hari pemungutan suara Pemilu pada 14 Februari 2024. Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu bertekad menyukseskan agenda nasional itu. Pj Wali Kota Asmawa memberikan dukungan hibah dana penyelenggaraan Pemilu 2024 sekira Rp49,9 miliar kepada KPU.

“Berkat dorongan dan asistensi dari KPU dan Bawaslu, maka kesepakatan terkait anggaran yang dialokasikan dari APBD 2023 dan 2024 kepada penyelenggara pemilu dan pilkada sudah menemui titik kesepakatan,” ujar Pj Wali Kota Asmawa disela-sela Apel Pengamanan (PAM) Jelang Pemilu 2024 yang digelar Polda Sultra di Mako Brimob, Selasa (17/10/2023), kemarin.

Alokasi hibah daerah itu diyakini dapat meningkatkan sinergi penyelenggaraan pemerintahaan di Kota Kendari terutama dalam menyukseskan pesta demokrasi 5 tahunan ini. Termasuk memastikan keamanan dan kondusivitas daerah jelang Pilkada serentak 2024.

Pj Wali Kota Asmawa Tosepu (tengah) berdikusi dengan unsur Forkopimda disela-sela apel pasukan pengamanan menjelang Pemilu 2024 yang digelar Polda Sultra di Mako Brimob, Selasa (17/10/2023), kemarin. (AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

“Pilkada tahun 2024 merupakan salah satu program strategis nasional sehingga harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, baik dari aspek teknis maupun aspek pembiayaan. Semoga memberikan manfaat untuk kemajuan Kota Kendari,” kata Pj Wali Kota Asmawa.

Pj Wali Kota Asmawa mengatakan, Pemkot Kendari mendukung penyelenggaraan Pemilu yang dimulai dari tahapan yang sedang bergulir. “Saat ini kita sedang menghadapi momen penting, yaitu pesta demokrasi baik itu Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden maupun Pilkada serentak tahun 2024, khususnya di Kota Kendari. Saya berharap seluruh instansi pemerintah dan penyelenggara Pemilu berkomitmen dan mengambil langkah- langkah bersama dalam mewujudkan kamtibmas yang aman dan damai," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakapolda Sultra Brigjen Pol Dwi Irianto mengatakan tujuan pelaksanaan apel pasukan tersebut untuk memeriksa kesiapan personel dan sarana prasarana dalam rangka mengamankan Pemilu 2024. "Apel ini bertujuan untuk membangun narasi besar yaitu persatuan dan kesatuan, serta kemajuan bangsa di atas kepentingan kelompok," ujarnya saat menyampaikan pengarahan.

Dosen Utama STIK Lemdiklat Polri tahun 2015 itu mendorong partisipasi masyarakat agar aktif dalam menjaga stabilitas keamanan selama Pemilu 2024.

"Mari kita sama-sama menjaga dan ikut membantu pelaksanaan Pemilu ini, terutama pada saat kampanye agar Sultra ini bisa menjadi contoh bagi wilayah lain, bahwa Sultra aman terkendali dalam pelaksanaan Pemilu," ujar Brigjen Pol Dwi Irianto.

Sementara itu, Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman mengatakan siap mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar berlangsung aman dan damai. Menurutnya, Pemilu merupakan momen yang sakral sehingga semua pihak harus berkontribusi terhadap penyelenggaraannya.

"Kami siap menyukseskan pemilu. Kolaborasi sudah terbentuk dijajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah). Kami pastikan pelaksanaan Pemilu nanti dapat berjalan tertib, aman dan kondusif," ujar Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman. (ags/b)

  • Bagikan