Sultra Award Kendari Pos 2023

  • Bagikan
Burhanuddin
Burhanuddin

Tokoh Perubahan 2023, Pelopor Program Pemberdayaan Masyarakat "One Village One product"
Ir. H. Burhanuddin, M.Si, Penjabat (Pj) Bupati Bombana

Profil:
Nama: Ir. H. Burhanuddin, M.Si
Tempat/Tgl Lahir: Luwu 20 Mei 1965
Agama: Islam
Istri: Hj. Fatmawati Kasim Marewa, S.Sos
Anak :
1.dr.Saskia Sakinah Burhanuddin, S. Ked
2.Muh.Sulfan Sultani Burhanuddin
Jabatan:
Pj Bupati Bombana
Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara

Riwayat Pendidikan:
S1 Teknik Pertambangan Universitas Veteran Makassar
S2 Perencanaan Pengembangan Wilayah Universitas Hasanuddin Makassar

Karier Gemilang Birokrat Andal

--Burhanuddin Konsisten Melayani Masyarakat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Ir.H. Burhanuddin, M.Si, lahir di Luwu pada 31 Desember 1965. Dia merupakan salah satu sosok birokrat andal yang dimiliki Sultra. Dedikasi dan loyalitas tinggi seorang Burhanuddin, mengantarkannya menduduki berbagai jabatan strategis di Sultra. Amanah yang terus diberikan oleh pimpinan, senantiasa dituntaskan dengan hasil yang memuaskan. Kariernya gemilang. Berbagai jabatan strategis diembannya.

Jauh sebelum menjabat sebagai Pj. Bupati Bombana, Burhanuddin telah menjajal jabatan serupa yakni pada tahun 2015 sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Konkep. Dia menjabat sebagai penjabat kepala daerah di kabupaten tersebut hingga 17 Februari 2016.

Pj Bupati Burhanuddin didampingi Ketua TP PKK Bombana, Hj. Fatmawati Kasim Marewa saat bersilaturahmi dengan kerukunan keluarga Bali di Bombana.

Setelah itu, tepatnya pada 17 November 2017, suami dari Hj. Fatmawati Kasim Marewa ini ditugaskan sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan Setda Sultra. Burhanuddin juga selanjutnya ditunjuk sebagai Pj Sekda Butur pada 23 Juli 2020. Kemudian, jabatannya sebagai Pj Sekda di Kabupaten Buton Utara, kembali diperpanjang pada 27 November 2020.

Burhanuddin juga pernah dipercayakan sebagai Penjabat Sementara Bupati Butur. Setelah dari Butur, Gubernur Ali Mazi kala itu, melantik Burhanuddin sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra pada, 4 Mei 2021. Dia menduduki posisi itu hingga 28 Agustus 2023. Saat ini, Ketua Perhapi Sultra kembali dipercaya sebagai Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sultra.

Pj Bupati Burhanuddin foto bersama istri dan anak-anaknya.

Dalam menduduki berbagai jabatan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Burhanuddin terus berupaya memberikan pelayanan secara maksimal. Diakuinya, sebagai ASN tugas utamanya yakni sebagai seorang pelayan. Hal itu juga ditanamkan dalam dirinya yang saat ini juga berstatus sebagai ASN.

“Kita adalah pelayan masyarakat. Untuk itu, harus bisa memberikan yang terbaik. Sebagai ASN yang digaji oleh negara, sudah menjadi tugas untuk melayani. Bukan malah kita yang ingin minta dilayani oleh masyarakat,” pungkasnya. (idh/adv)

Terobosan Burhanuddin Membangun Bombana

--Masyarakat Diberdayakan, Inflasi Daerah Terkendali

KENDARIPOSCOID -- 24 Agustus 2022, Ir. Burhanuddin menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bombana. Setahun kemudian, tepatnya 24 Agustus 2023, Burhanuddin diberi amanah untuk kembali menakhodai Kabupaten Bombana dalam kurun setahun kedepan. Itu setelah Burhanuddin mengantongi SK perpanjangan masa jabatan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Meski baru genap setahun menakhodai kabupaten Bombana , pria lulusan Magister Perencanaan Pengembangan Wilayah Universitas Hasanuddin Makassar ini, telah menunjukan dedikasinya demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Bombana. Visi cerdasnya telah dibuktikan lewat kinerja apik. Berbagai terobosan yang dipadukan dengan kerja-kerja cepat dia perlihatkan. Berbagai terobosan itu diantaranya, mendorong kesejahteraan masyarakat Bombana melalui One Village One Product atau satu desa satu produk, menggaungkan program satu hektar satu OPD hingga mengusung Bombana sebagai surga investasi.

Burhanuddin didampingi Ketua TP PKK Bombana saat melakukan panen udang di Kelurahan Puulemo. OPD.

Setahun berjalan, terobosan itu telah menunjukkan hasil yang maskimal. Ditandai dengan keberhasilan Kabupaten Bombana sebagai Kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berhasil mengendalikan laju inflasi pada angka 1,88% dibawah inflasi Sultra sebesar 3,52% dan inflasi nasional 3,08%. Hal itu menjadikan Kabupaten Bombana masuk dalam nominasi TPID Award 2023.

Dibidang investasi, Burhanuddin juga berhasil meningkatkan realisasi investasi daerah. Dalam kurung setahun menjabat sebagai Pj. bupati, realisasi investasi Kabupaten Bombana menunjukan tren positif. Sebelum menjabat sebagai Pj bupati, nilai investasi Pemkab Bombana sebesar Rp 314.713.943.749 terdiri dari 97 perusahaan. Nilai tersebut mengalami peningkatan cukup fantastis setelah Burhanuddin menjabat sebagai Pj Bupati Bombana dengan nilai investasi Rp 2.110.049.523.675 yang terdiri dari 144 perusahaan atau mengalami peningkatan hingga 85 persen.

Pj Bupati Burhanuddin didampingi Ketua TP PKK Bombana, Hj. Fatmawati Kasim Marewa dan sejumlah pejabat saat panen perdana program satu hektar satu OPD.

Dalam perwajahan Bombana, Pj Burhanuddin juga mampu memberikan perubahan melalui penataan dan perapian ibu kota yang telah dia lakukan. Ibu kota dimaksud bukan hanya ibu kota Kabupaten Bombana saja. Namun juga seluruh ibu kota yang tersebar di 22 kecamatan di Bombana. Menurutnya, suatu daerah harus memiliki ibu kota yang indah dan menarik. Sebab, ibu kota merupakan hal sangat penting bagi siapapun yang datang berkunjung di Bombana. Ibaratnya, ibu kota adalah ruang tamu bagi daerah.

Langkah awal yang dilakukan dan telah dirasakan masyarakat, khususnya di wilayah ibu kota kabupatn yakni, menerangi setiap sudut jalan dan ruang terbuka hijau (RTH). Terlihat, saat ini, di setiap sudut jalan ibu kota sudah di beri penerangan. Sehingga tidak ada lagi, sudutsudut ibu kota khususnya jalan dan RTH yang tidak diterangi cahaya lampu.

Burhanuddin saat melakukan sidak di pasar sebagai upaya menekan angka inflasi daerah.

“Ibu kota adalah wajah bagi daerah. Ketika daerah kita memiliki ibu kota yang indah dan tertata rapi, maka orang yang datang berkunjung, baik itu investor maupun wisatawan akan merasa nyaman. Begitupun dengan masyarakat Bombana,” imbuhnya. (idh/adv)

  • Bagikan