Aplikasi Kolaka Sip Deh Dilaunching

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Berbagai terobosan untuk memajukan daerah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka dibawah kendali Bupati, H. Ahmad Safei. Terbaru, Pemkab Kolaka melaunching aplikasi Kolaborasi Layanan Kesejahtraan Sosial Pemerintah Daerah (Kolaka Sip Deh).

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, mengingkapkan, akuntabilitas kinerja pemerintah selalu mendapat perhatian dari masyarakat. Olehnya itu, sangat penting untuk membangun sistem dan struktur bersifat konstruktif serta efisien menuju pemerintah yang transparan, juga akuntabel.

Menurut bupati Kolaka dua periode tersebut, ketersediaan data yang mutakhir, akurat, terpadu dan dapat diakses seluruh unsur stakeholder adalah fase awal yang perlu dioptimalkan untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas tersebut. Data itu tidak hanya akan dipergunakan internal instansi, namun merupakan bentuk pemenuhan kebutuhan informasi bagi publik. Sehingga, keberhasilan program dapat terukur dan dapat dipertanggungjawabkan serta mampu memproyeksikan langkah pembangunan di masa mendatang.

“Kehadiran aplikasi Kolaka Sip Deh adalah jawaban atas permasalahan ketersediaan data dan sinergisitas layanan dari setiap instansi pemerintah. Aplikasi ini secara simultan menyediakan serta menyajikan data penerima manfaat yang telah mengakses program layanan dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD),” jelas Safei, kemarin.

Kolaka-1 itu berharap, dengan adanya aplikasi Kolaka Sip Deh, maka nantinya setiap OPD dapat menyediakan data terpilih yang lengkap dan dapat diintegrasikan dalam aplikasi tersebut. Kata Ahmad Safei, data itu selanjutnya dapat dimanfaatkan Pemerintah Daerah dan Pusat serta stakeholder lainnya dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan bidang kesejahteraan sosial, khususnya di Bumi Mekongga.

Dalam kesempatan itu, Safei mengapresiasi reformer aplikasi Kolaka Sip Deh yang telah berkomitmen menghadirkan proyek perubahan inovatif dan konstruktif serta bermanfaat bagi Pemkab.

“Saya berpesan kepada tim pengembang aplikasi ini agar dapat menyajikan data yang akuntabel bagi pemerintah dan kepada para stakeholder, TKSK hingga fasilitator Puskesos SLTR. Sehingga dapat mendukung dan memanfaatkan aplikasi ini dengan baik serta dipergunakan sebaik mungkin untuk mewujudkan kesejahteraan sosial di Kabupaten Kolaka,” pesan Safei. (c/fad)

  • Bagikan