Tuntaskan RDTR, Tingkatkan Investasi

  • Bagikan
PERENCANAAN WILAYAH : Kepala Dinas PUTR Kabupaten Konsel, Askar (kedua dari kiri) saat menjelaskan program penyusunan RDTR di Kecamatan Laonti dan Angata. (DISKOMINFO KONSEL FOR KENDARI POS)
PERENCANAAN WILAYAH : Kepala Dinas PUTR Kabupaten Konsel, Askar (kedua dari kiri) saat menjelaskan program penyusunan RDTR di Kecamatan Laonti dan Angata. (DISKOMINFO KONSEL FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dua kecamatan di Konawe Selatan (Konsel) mendapat perhatian khusus alokasi program bantuan teknis penyusunan rencana detail tata ruang (RDTR) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Wilayah tersebut adalah Laonti dan Angata. Sebagai tindak lanjut, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Konsel menggelar konsultasi publik I RDTR dan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) wilayah perencanaan (WP) dua kecamatan tersebut.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setkab Konsel, H. Amran Aras, menjelaskan, terpilihnya daerah itu mendapat bantuan tersebut karena menjadi salah satu otorita dengan potensi investasi tertinggi. Pemberian bantuan penyusunan RDTR bertujuan mendukung percepatan laju investasi sesuai regulasi. “Seperti kita ketahui bersama, potensi investasi di Kecamatan Laonti adalah sektor pertambangan dan di Angata dengan keunggulan perkebunan serta pertanian,” ungkap Amran, Rabu (20/9).

Menurutnya, konsultasi publik tersebut untuk menyusun rencana secara detail tata ruang wilayah. Sehingga jadi acuan dalam memanfaatkan tata ruang, agar investasi semakin tumbuh di Konawe Selatan.

Sementara itu Kepala Dinas PUTR Konsel, Askar, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan turunan dari rencana tata ruang wilayah (RTRW). “Harapannya, bantuan teknis penyusunan RDTR Laonti dan Angata dapat terintegrasi dengan sistem perizinan terpadu atau online single submission (OSS). Nantinya akan mendorong peningkatan investasi, pertumbuhan ekonomi wilayah dan daya saing kawasan,” timpal Askar. (c/ndi)

  • Bagikan