Gubernur Instruksikan OPD Kendalikan Inflasi

  • Bagikan
Andap Budhi Revianto
Andap Budhi Revianto

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Laju pertumbuhan ekonomi sangat tergantung tingkat inflasi. Jika angka inflasi bisa dikendalikan, ekonomi akan lebih stabil. Atas dasar itulah, Penjabat (PJ) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Komjen Pol Andap Budhi Revianto menginstruksikan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut serta mengendalikan laju inflasi di Bumi Anoa.

PJ Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto meminta program penanganan inflasi harus dilakukan secara berkesinambungan. Olehnya, seluruh OPD harus bahu-membahu bekerja secara maksimal untuk menurunkan angka inflasi di Sultra dibawah rata-rata nasional.

“Jadi yang pertama tentu kita berbicara perkembangan lingkungan strategis secara global. Ada beberapa hal tentu mempengaruhi kondisi nasional termasuk kondisi lokal di sini (Sultra,red). Di sisi lain kita melihat bagaimana progresnya, Dari situ, kita berusaha agar bisa dikendalikan,” kata Andap usai zoom meeting pengendalian inflasi di ruang pola kantor gubernur Sultra, Senin (11/9).

Di Sultra sendiri lanjut mantan Kapolda Sultra ini, sudah ada beberapa satuan tugas (satgas) berfungsi secara menyeluruh. Sejauh ini, pihaknya sudah bertemu untuk mendiskusikan langkah yang akan dilakukan.

“Contohnya seperti ini tadi yang saya sampaikan perkembangan strategis nasional sebut saja pengaruh el nino menyebabkan kekeringan. Tapi ada beberapa kasus di daerah itu memperpanjang masa tanam bermanfaat juga secara positif terhadap pariwisata karena disinikan laut. Jadi semua kita menyikapi, tidak lepas yang di sana dan yang di sini,” ujarnya.

Sebagai koordinator Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), ia akan berupaya mensinergikan langkah pengendalian inflasi.

“Tadi kumpul seluruh anak bangsa. Jadi ini ada indikator keberhasilan, jadi kita tidak bosan-bosan mengendalikan dan mengawasi inflasi. Pak Sekda sebagai kuasa pengguna anggaran tentu bekerja secara baik karena pencapaian target. Ada di dalam rencana kerja pemerintah ada secara situasional juga situasi seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra Asrun Lio menyampaikan akan segera membuat edaran dari provinsi ke kabupaten/kota dan dinas terkait lainnya.

“Hal terpenting dari arahan bapak PJ Gubernur bahwa pemerintah perlu segera melakukan intervensi situasi inflasi kita. Misalnya melakukan pengendalian harga dan itu bisa dilakukan dengan menggunakan dana-dana biaya tak terduga (BTT). Dalam mengatasi inflasi kita harus kuat sama halnya kita menghadapi situasi pandemi Covid-19,” tandasnya. (b/rah)

  • Bagikan