Pemprov Target Ekonomi Tumbuh 6,5 Persen

  • Bagikan
J. Robert
J. Robert

-Lampaui Target Nasional Tahun 2024

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra menargetkan, ekonomi Sultra tahun 2024 tumbuh 6,0 persen hingga 6,5 persen. Target itu, sekaligus melampaui target pertumbuhan ekonomi daerah yang diberikan pemerintah pusat.

Kepala Bappeda Sultra, J. Robert mengungkapkan, dalam rencana kerja pemerintah (RKP), pemerintah pusat telah menetapkan target pertumbuhan ekonomi Sultra 2024, pada kisaran angka 5,3 persen sampai 5,7 persen.

“Melihat kondisi sekarang, kita tentu optimis pertumbuhan ekonomi bisa melampaui target nasional. Kami sudah diskusi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra, dan semakin menguatkan optimisme tersebut,” ungkap Robert, kemarin.

Lanjut dia, berdasarkan diskusi bersama BPS dan analisis yang digunakan Bappeda, telah ditetapkan, bila melihat target nasional 5,3 sampai 5,7 persen, tentu seperti akan terlewatkan. Sebab, pertumbuhan ekonomi Sultra saat ini saja, lebih 6 persen.

“Makanya, secara internal daerah, kita menargetkan pertumbuhan ekonomi Sultra 2024 diangka 6,0 sampai 6,5 persen. Ini tentu jauh melampaui yang ditargetkan pemerintah pusat,” jelasnya.

Penentuan target pertumbuhan ekonomi provinsi, kata dia, tentu tidak ada masalah. Sebab, itu menyangkut kinerja pemerintah.

“Target pertumbuhan ekonomi daerah boleh sama dengan target yang diberikan pemerintah pusat. Kalau lebih tinggi, makin bagus. Yang tidak boleh, kalau lebih rendah,” imbuhnya. (rah/b)

  • Bagikan