Andi Yusuf Bakal Fungsikan Kantor di Nepa Mekar

  • Bagikan
Pj Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf meninjau kantor pemerintahan di Desa Nepa Mekar. (YULI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Gedung perkantoran di Desa Nepa Mekar milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) akan segera difungsikan. Informasi itu diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf usai mengecek langsung kondisi gedung yang pembangunannya telah tuntas sejak tahun 2021. “Ada bangunan Pemkab yang sangat bagus, megah, tapi tidak difungsikan. Makanya tadi diskusi dengan teman-teman, kirakira mana organisasi perangkat daerah (OPD) yang representatif bisa menjaga dan merawat bangunan ini dengan baik,” ujar Andi Yusuf kepada Kendari Pos, kemarin.

Kata Andi Yusuf, bangunan itu rencananya akan mulai ditempati paling lambat akhir tahun ini. Ada dua Organisasi OPD yang potensial berkantor di sana yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang serta Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Secara fisik, bangunan sudah siap digunakan tinggal memastikan pasokan air dan listrik. “Kendala saat ini belum ada air dan listrik. Kita usahakan dalam waktu dekat,” imbuh Deputi Infrastruktur Pemerintahan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI itu.

Menurutnya, sudah seyogianya infrastruktur yang dibangun untuk dimanfaatkan. Apalagi menggunakan anggaran yang besar. Menempatkan beberapa OPD di perkantoran Nepa Mekar merupakan langkah efisiensi anggaran karena dinas yang bersangkutan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sewa. “OPD yang dari aspek pelayanan masyarakat, harus lebih cepat, kita satukan di kantor Labungkari. Selebihnya, OPD teknis seperti PU dan Perumahan, untuk sementara bisa di sini sehingga daerah di sini juga hidup dan berkembang. Mudahmudahan akhir tahun temanteman sudah bisa menempati kantor ini,” tandasnya. (uli/b)

  • Bagikan