Pj. Wali Kota Kendari Kunjungi Warganya di Arab

  • Bagikan
Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (duduk, tengah) dan Sekda Sultra, Asrun Lio (duduk, gamis biru) bersama para petugas haji dan jemaah haji asal Kota Kendari di penginapan jemaah haji, Senin (26/6), kemarin.

Jemaah Haji Sultra Tetap Bugar

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Jemaah haji Sultra yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Makkah masih tetap bugar. Secara umum kondisi kesehatan mereka baik menjelang menunaikan wukuf di Arafah. Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu meluangkan waktu mengunjungi dan menengok 605 jemaah haji asal Kendari yang tergabung di Kloter 24, 25 dan kloter 44 UPG di Kota Makkah, Senin (26/6), kemarin.

Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa juga mengunjungi jemaah haji Sultra lainnya di Kloter 25 UPG. Ia didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, Asrun Lio yang juga Petugas Haji Daerah (PHD). Pj.Wali Kota, Asmawa memastikan seluruh jemaah asal Kota Kendari dalam keadaan sehat walafiat dan siap mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji tahun 2023.

"Alhamdulillah, saya dapat bersilaturahmi dengan jemaah haji Kloter 24 dan 25 UPG asal Kota Kendari yang pemondokkannya di Hotel Royal Makkah. Kehadiran kami disini untuk memastikan seluruh jemaah haji dalam keadaan sehat walafiat, tidak terdapat kekurangan selama pelaksanaan rukun dan wajib haji," kata Pj.Wali Kota Asmawa kepada Kendari Pos melalui sambungan telepon, Senin (26/6), kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Pj.Wali Kota Asmawa meminta kepada jemaah untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap kompak selama ibadah haji, terutama saat puncak haji (wukuf) di Arafah yang akan digelar hari ini, Selasa 27 Juni 2023.

Pj.Wali Kota Asmawa juga berpesan kepada jemaah haji untuk mendoakan Kota Kendari agar senantiasa mendapatkan perlindungan dan Rahmat Allah SWT sehingga kegiatan pemerintah dan masyarakat diridai Allah SWT.

"Kita mendoakan daerah kita (Kendari dan Sultra, red) tetap aman dan kondusif serta mendapatkan Rahmat dari Allah SWT. Semoga jalannya pemerintahan dan agenda penting lainnya kita doakan berjalan lancar, terutama agenda pesta demokrasi yang sedang kita hadapi ini, serta mendapatkan pemimpin yang betul-betul menjadi pilihan masyarakat untuk kesejahteraan daerah dan masyarakat Kendari, " ungkap Pj.Wali Kota Asmawa.

Ia berharap, seluruh jemaah haji Sultra dapat menuntaskan seluruh rangkaian ibadah haji dan bisa kembali ke tanah air dengan selamat dan menyandang predikat haji mabrur. "Mudah-mudahan kita bisa kembali ke tanah air dan menjadi teladan bagi masyarakat Kota Kendari,” tutup Pj.Wali Kota, Asmawa.

Pj.Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menunaikan ibadah haji yang diundang khusus oleh Raja Salman Bin Abdul Aziz melalui kuota haji furoda. Pj.Wali Kota Asmawa merupakan satu dari 50 tokoh masyarakat di Indonesia yang berkontribusi menjalankan dakwah Islam dan pembinaan keumatan sehingga mendapatkan apresiasi menunaikan ibadah haji gratis.

Untuk diketahui pula, jemaah haji asal Kendari mencapai 605 jemaah. Rinciannya, sebanyak 380 orang di Kloter 24 UPG, 181 orang di Kloter 25 UPG dan 44 orang (kuota tambahan) di Kloter 42 UPG.

Sementara itu, Sekda Sultra, Asrun Lio mengatakan seluruh jemaah haji dalam kondisi sehat dan baik. "Alhamdulillah, para jemaah haji asal Sultra khususnya kloter 24 dalam kondisi sehat meski didominasi oleh lansia," ujarnya, kemarin.

Hari Ini, Jemaah Haji Menuju Arafah

Wukuf yang juga puncak haji dilaksanakan di padang Arafah pada 9 Dzulhijjah 1444 Hijriah atau besok, Rabu 28 Juni 2023 Masehi. Hari ini, Selasa, 27 Juni 2023, bertepan 8 Dzulhijjah 1444 Hijriah, 605 jemaah haji asal Kota Kendari mulai bergerak dari Kota Makkah menuju Arafah.

“Jelang puncak haji (wukuf), jemaah haji diberangkatkan secara bertahap ke Arafah pada 8 Dzulhijjah. Jemaah akan mengenakan kain ihram dan mengambil miqat (batas waktu dan tempat bagi dimulainya ibadah haji dan umrah) di hotel masing-masing,” ujar Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio yang juga Petugas Haji Daerah (PHD) kepada Kendari Pos, Senin, kemarin.

Sekda Asrun Lio meminta masyarakat Sultra mendoakan seluruh jemaah haji agar selalu sehat. "In Sya Allah, dengan niat suci memenuhi panggilan Illahi Robbi, hati hanya tertuju kehadirat Allah SWT. Semoga perjalanan spiritual haji yang penuh khidmat ini dapat menghantarkan para jemaah haji menjadi haji mabrur,"harapnya.

Selama berada di Kota Makkah, jemaah haji menyiapkan diri menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna/Armina) untuk menunaikan wukuf. Berbagai persiapan dilakukan, mulai pengecekan kesehatan jemaah haji secara berkala, hingga pemantapan bimbingan manasik haji. (ags/rah/b)

  • Bagikan