TPID Sidak Harga dan Stok Bahan Pokok

  • Bagikan
Wakil Ketua Harian TPID Sultra, Yuni Nurmalawati memimpin Sidak di Hypermart Lippo Plaza Kendari.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Jelang Idul Adha, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sultra menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di pasar dan distributor di Kendari, Kamis (22/6). Lokasi Sidak di empat titik; Pasar Sentral Kota Kendari, Gudang Perum Bulog, distributor di Puuwatu, dan Hypermart Lippo Plaza Kendari. Wakil ketua harian TPID Sultra, Yuni Nurmalawati mengatakan, hampir semua komoditas pangan tersedia. Meski ada harga komoditas yang naik, namun masih lebih kebanyakan harganya stabil. “Berdasarkan pantauan kita untuk beras, bawang dan cabai itu stoknya cukup bahkan untuk harga malah turun. Minyak dan beras cukup tersedia dan harga relatif normal. Yang mengalami peningkatan hanya atam potong yang kini mulai dibandrol dengan harga Rp70 ribu per ekor. Padahal sebelumnya hanya berada dikisaran angka Rp40 sampai 45 ribu per ekor,”ungkap Asisten perekonomian dan pembangunan setda Sultra itu.

Selain ayam potong, kebutuhan pokok lainya masih relatif stabil. Harga kebutuhan pokok di pasaran lumayan stabil dan ada beberapa komoditas yang kemungkinan akan mengalami penurunan. Selain pantauan di pasar, pihaknya juga memastikan kebutuhan pokok cukup tersedia di distrubutor dan Bulog serta di Hypermart. “Dengan adanya Sidak seperti ini harga dapat terjangkau, komoditas tersedia dan mudahmudahan kita bisa kendalikan inflasi,”harapnya.

Kepala Biro Administrasi Perekonomian Pemprov Sultra, Iwan Susanto mengatakan, Sidak yang dilakukan merupakan pemantauan harga secara rutin yang dilakukan jelang hari besar keagamaan. Hal ini sebagai upaya memantau ketersediaan stok dan harga di pasaran. “Karena biasanya ada saja spekulan yang sengaja menaikkan harga padahal stok tersedia. Alhamdulillah dalam Sidak kali ini, harga di pasar masih terbilang stabil dan stok kebutuhan pokok jelang Idul Adha masih cukup tersedia,”bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Disperindag Sultra La Ode Muhammad Fitrah Arsyad menambahkan pihaknya akan terus memantau kondisi pasar jelang Idul Adha. Sehingga semua kebutuhan masyarakat bisa tetap terpenuhi dengan harga yang relatif stabil. “Selain ayam potong, semua sudah mengalami penurunan, tapi kami tetap awasi karena dikhawatirkan H -3 dan H-4 jelang Idul Adha harga kebutuhan pokok naik. Sehingga harga-harga yang fluktuatif akan terus kami pantau. Bahkan kami sudah imbau kepada para pedagang agak tidak menaikkan harga diatas normal,”pungkasnya. (rah/b)

  • Bagikan