Pemkab Kolaka Pastikan Siap Sambut Menteri Sandiaga

  • Bagikan
Pj Sekab Kolaka, Wardi (dua dari kiri) saat melakukan peninjauan di Desa Sani Sani sebagai lokasi yang akan dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, pada awal Juli mendatang.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dijadwalkan akan berkunjung ke Kabupaten Kolaka pada awal Juli mendatang. Kedatangan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut ke Bumi Mekongga adalah untuk mengunjungi desa wisata Sani-Sani di Kecamatan Samaturu. Terkait kunjungan Menteri Sandiaga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka memastikan akan siap menyambutnya. Untuk memastikan kesiapan tersebut, maka Pj Sekretaris Kabupaten (Sekab), Wardi, melakukan tinjauan lapangan di lokasi yang akan dikunjungi. Wardi mengatakan, Menteri Sandiaga tidak sendiri saat melakukan kunjungan kerja ke otorita Bupati, H. Ahmad Safei itu, karena nantinya akan didampingi jajarannya untuk melakukan penilaian di Desa Sani-Sani.

Sani-Sani masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf). "Kemenpar Ekraf akan melakukan penilaian mulai Juli nanti, tetapi untuk persiapan sudah kita lakukan. Baik berupa potensi wisata dan ekonomi kreatif," jelasnya, Kamis (22/6). Dengan persiapan yang matang, maka Wardi berharap, penilaian ADWI yang dilakukan pihak Kemenpar Ekraf nanti hasilnya bisa memuaskan. Sehingga bisa menorehkan prestasi yang lebih baik lagi bagi daerah.

Untuk diketahui, sebelumnya ada 4.573 peserta dari seluruh Indonesia yang mengajukan untuk masuk dalam ADWI 2023. Namun, dari pihak Kemenparekraf hanya menetapkan 75 besar dan salah satunya adalah Sani-Sani. Di desa tersebut terdapat beberapa objek wisata menarik seperti Puncak Indah Kapu dan pantai. Selain itu juga terdapat lokasi perkemahan dan arung jeram. Tak hanya itu, Desa Sani Sani juga cocok untuk dijadikan tempat wisata kuliner. (c/fad)

  • Bagikan