Konsel Raih Opini WTP BPK RI

  • Bagikan
Kepala BPK RI Perwakilan Sultra Dadek Nandemar dan Bupati, H Konsel Surunuddin Dangga meneken dokumen pengelolaan keuangan Konsel di kantor BPK RI Sultra, Kendari, Rabu (31/5) lalu.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) patut diacungi jempol. Terbaru, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) mengganjar Konsel dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Prestasi itu diberikan Kepala BPK RI Perwakilan Sultra, Dadek Nandemar saat penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022 Kabupaten Konsel.

LHP atas LKPD 2022 itu diterima langsung Bupati Konsel H Surunuddin Dangga di Kantor BPK RI Sultra, Kendari, Rabu (31/5) lalu. Turut hadir Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, Wabup Konsel Rasyid, Sekda Konsel Hj St Chadidjah, Kepala BKAD Konsel Nisbanurrahim, Inspektur Konsel Narlian, dan sejumlah pejabat lingkup BPK RI dan Pemkab Konsel. Momen itu, Dadek Nandemar mengatakan opini WTP itu merupakan pernyataan profesional dari pemeriksa atas kualitas laporan keuangan Pemkab Konsel. “Kami mengkaji, Konsel telah melakukan berbagai upaya perbaikan dalam pengelolaan keuangan, sehingga LHP BPK RI Perwakilan Sultra atas LKPD tahun anggaran 2022 Konsel opini WTP,” terangnya.

Ia menyatakan BPK RI Perwakilan Sultra siap terus mendampingi Pemkab Konsel agar apa yang dicapai dapat dipertahankan dan ditingkatkan. “Rekomendasi BPK RI yang tertuang dalam catatan dan masukan agar secepatnya ditindaklanjuti,” terangnya.

Kepala BPK RI Perwakilan Sultra Dadek Nandemar dan Bupati, H Konsel Surunuddin Dangga meneken dokumen pengelolaan keuangan Konsel di kantor BPK RI Sultra, Kendari, Rabu (31/5) lalu.

Sementara itu, Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga berterimakasih karena dalam prosesnya, berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Pemkab Konsel, kata dia, siap menindaklanjuti catatan dan masukan dari BPK RI Perwakilan Sultra. Rekomendasi dalam LHP atas LKPD tahun 2022 adalah untuk kebaikan bersama. “Kita akan bentuk Tim khusus untuk menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan. Konawe Selatan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan ke arah yang lebih baik lagi,” imbuhnya.

Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo mengapresiasi tim dari BPK RI Perwakilan Sultra yang sangat profesional menjalankan tugasnya. “Terima kasih pula kepada bapak Bupati Konsel dan jajaran yang telah mencurahkan segalanya dalam menjalankan amanah yang diberikan masyarakat Konawe Selatan,” ujar ia.

Hal senada diungkapkan Wakil Bupati Konsel, Rasyid. Ia mengatakan laporan hasil pemeriksaan yang diterima dari BPK RI Perwakilan Sultra adalah bentuk nyata sinergitas antar lembaga. Menegaskan pemerintah tak bisa bekerja sendirian. “Kami berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses tersebut. Namun jangan terlena dengan opini WTP ini, kita dari Pemda akan terus menjaga sinergitas dan komitmen meningkatkan tata kelola keuangan. Sehingga sesuai yang diharapkan, apa yang diperoleh bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan,” ungkapnya. (adv/ndi)

  • Bagikan