SMAN 1 Kendari Juarai Festival Musikalisasi Puisi

  • Bagikan
Kepala Kantor Bahasa Prov. Sultra, Dr. Uniawati (tengah) pose bersama pemenang utama

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- SUDAH menjadi agenda tahunan, Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Festival Musikalisasi Puisi. Kegiatan yang berlangasung mulai 12—14 Mei ini diikuti sejumlah SMA/sederajat se-Sulawesi Tenggara. Setelah dilakukan seleksi, SMAN 1 Kendari dinyatakan sebagai Pemenang festival ini.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sultra, Uniawati, Menjelaskan bahwa gelaran ini sebagai upaya kantor bahasa untuk memberikan apresiasi terhadap karya sastra. Hanya saja belum semua sekolah mengirimkan siswa-siswanya untuk berkompetisi. "Dari sekian sekolah yang ada di Sultra, hanya sepuluh sekolah yang mengirimkan peserta," terangnya.

Dalam proses seleksinya, kesepuluh sekolah mengikuti babak penyaringan di Kantor Bahasa untuk menampilkan karya kreatifnya. Dari proses seleksi ini, enam sekolah masuk ke dalam babak final dan diseleksi lagi untuk dicari pemenangnya. Hasilnya, SMAN 1 Kendari meraih juara 1, SMAN 9 Kendari juara 2, SMAN 4 Kendari juara 3, SMAN 2 Baubau juara harapan 1, SMAN 1 Pomalaa juara harapan 2 dan SMAN 1 Kolaka juara harapan 3. "Kompetisi ini diharapkan dapat mendorong siswa dalam memberikan apresiasi terhadap karya sastra," ujar Uniawati.

Ke depan, Kantor Bahasa Provinsi Sultra akan terus mengagendakan festival ini. Festival ini merupakan program Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan setiap upt-nya pasti menyelenggarakan acara ini. "Sebenarnya kompetisi ini dimulai sejak tahun 2007. Ajang ini juga mendapat sambutan hangat bagi pencinta sastra karena sebagai wahana mengembangkan bakat anak bangsa," pungkas Kepala Kantor Bahasa Prov. Sultra. (lis/adv)

  • Bagikan