Hasilkan Alumni Kompeten, Mahasiswa Wajib Kuasai Software Pertambangan

  • Bagikan
Mahasiswa Teknik Pertambangan FMIPA UHO saat mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL). (DOK. FMIPA UHO FOR KENDARI POS)
Mahasiswa Teknik Pertambangan FMIPA UHO saat mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL). (DOK. FMIPA UHO FOR KENDARI POS)

--Visi Jurusan Teknik Pertambangan FMIPA UHO

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam bidang teknologi, Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Halu Oleo (FMIPA UHO) mewajibkan mahasiswa harus menguasai Software Pertambangan. Hal itu disampaikan Ketua Jurusan Teknik Pertambangan FMIPA UHO, Erwin Anshari, kemarin.

Katanya, visi Jurusan Teknik Pertambangan FMIPA UHO adalah menghasilkan lulusan yang kompeten dalam menerapkan Konsep Good Mining Practice (Praktik Penambangan Baik) dalam pengelolaan bahan galian di provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Guna menghasilkan lulusan atau SDM yang kompeten, penguasaan akan teknologi menjadi sangat penting di era digitalisasi pertambangan, ujarnya.

Erwin menjelaskan, bahwa salah satu hal ditekankan kepada mahasiswa dan lulusan Teknik Pertambangan, yaitu penguasaan akan perangkat lunak (software) Pertambangan. Teknik Pertambangan FMIPA UHO sebagai satu satunya pemegang Academic license scheme software micromine atau perangkat lunak skema lisensi akademis micromine di Sulawesi Tenggara, tentu memiliki peluang yang besar dalam membekali soft skill kepada lulusannya, jelasnya.

Hal ini juga sejalan dengan tuntutan dunia industri terkait penguasaan atas perangkat lunak pertambangan. Hasil tracer kepuasan pengguna alumni atas kinerja alumni Teknik Pertambangan khusus terkait penguasaan perangkat lunak berada di angka 85 persen. Hal ini menjadi salah satu indikator kinerja baik alumni, yang barang tentu menjadi tugas program studi untuk terus meningkatkan kompetensi lulusan kedepannya terkait penguasaan teknologi, ungkap Erwin.

Ia menambahkan, bahwa penguasaan teknologi ini tidak dapat dipisahkan dari sarana laboratorium komputer yang ada di Jurusan Teknik Pertambangan. Jadi penguasaan teknologi pertambangan wajib untuk mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan FMIPA UHO. Ini juga bertujuan untuk menciptakan mahasiswa atau alumni yang memupuni dan kompeten dalam bidangnya," pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan